Wattie, Anna Marie and Sumintarsih, Sumintarsih and Pantja S., Wahjudi and Hisbaran, Hisbaran and Adiyaksa, Pindo and Arum, Sekar and Rosyid, Nur (2012) Pendidikan karakter berbasis pendidikan seni budaya tingkat sekolah dasar di kota Malang Jawa Timur. Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah lstimewa Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Seni Budaya Tingkat SD di Kota Malang Jatim.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (65MB)

Abstract

Nasib bangsa di masa depan ditentukan oleh kondisi mental, moral, spiritual generasi penerusnya. Krisis multi-dimensi yang melanda bangsa ini telah memberikan wacana baru untuk menyiapkan sebuah langkah yang sangat krusial dioperasionalkan dalam kehidupan bangsa ini, khususnya generasi penerus, yaitu pendidikan karakter. Pendidikan karakter diimplementasikan di sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan di lingkup pendidikan sekolah dasar, karena sekolah dasar menjadi lembaga yang amat vital untuk mewadahi pendidikan karakter. Tiga pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah regulasi yang terkait dengan pendidikan karakter berbasis seni budaya di tingkat Sekolah Dasar di Kota Malang, (2) Bagaimanakah penyelenggaraan pendidikan karakter berbasis seni budaya di level pendidikan Sekolah Dasar, (3) Bagaimanakah persepsi guru, orang tua siswa, siswa, penyelenggara pendidikan setempat tentang pelaksanaan dan manfaat pendidikan karakter berbasis seni budaya.
Hasil penelitian ini memperlihatkan: (1) Implementasi pendidikan karakter di empat SD terpilih menggunakan metode pembiasaan, (2) Setiap sekolah memiliki landasan pendidikan karakter yang ditonjolkan, (3) Mata pelajaran seni budaya belum diimplementasikan dalam pendidikan karakter, (4) Pendidikan karakter tidak eksklusif di pelajaran seni budaya tapi di seluruh mata ajar, (5) Mata pelajaran seni budaya pada umumnya masuk dalam eskul sekolah, (6) Belum tampak jejak operasionalisasi dari edaran Mendiknas no 383 /MPN/LL/2011 tentang Tim Penggerak Pendidikan Karakter di Kota Malang.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB D.I.Yogyakarta
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:51
Last Modified: 26 Oct 2023 07:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27497

Actions (login required)

View Item View Item