Van der Wal, S. L. (1977) Pendidikan di Indonesia 1900-1940 (Buku II). Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. (In Press)

[img] Text
Pendidikan di Indonesia 1900-1940 Buku II.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (139MB)

Abstract

Buku yang berisi laporan tentang kebijaksanaan pendidikan sebelum masa kemerdekaan sangat langka diperoleh di negara kita. Laporan seperti itu patut diteliti untuk dijadikan bahan pemikiran mengenai keadaan pendidikan kita baik masa kini maupun di masa yang akan datang.
Untuk tujuan itu pilihan jatuh kepada buku herjudul "Het Onderwijs-heleid In Nederlands-Indie, 1900-1940" (= Kebijaksanaan Pendidikan di Hindia Belanda 1900-1940) karya Dr. S.L.van der Wal, seorang guru besar sejarah Indonesia (khususnya sejak 1900 hingga kini) pada "Rijks-universiteit Utrecht" di negeri Belanda. Buku tersebut bukanlah sekedar buku bacaan, tetapi suatu publikasi sumber yang memuat dokumen-dokumen mengenai surat-menyurat antara tokoh-tokoh puncak di negeri Belanda dan Hindia Belanda, semuanya dalam bidang kebijaksanaan pendidikan. Oleh karena itu sistematikanya tidak menurut materi mengenai sesuatu pokok persoalan, tetapi disusun sesuai dengan urut-urutan peristiwa secara kronologis. Karena terbatasnya waktu yang
tersedia, maka buku ini tidak diterjemahkan secara menyeluruh tetapi disadur sedemikian rupa sehingga inti persoalan tidak terganggu dan pembaca dapat memperoleh gambaran yang jelas mengenai pemikiran, keputusan serta langkah-langkah yang ditempuh oleh tokoh-tokoh dan pejabat-pejabat Belanda dan Hindia Belanda pada jamannya.
Sudah barang tentu saduran ini masih banyak terikat kepada tata-bahasa dan susunan kalimat bahasa aslinya, sehingga kadang-kadang terasa agak janggal bila dilihat dari kacamata bahasa Indonesia. Hal ini sulit dihindarkan karena dikhawatirkan bahwa saduran bebas akan dapat mengaburkan makna daripada isi yang sebenarnya.
Untuk memperoleh gambaran mengenai hierarki dan urut-urutan pertanggungan jawab dalam sistem ketatanegaraan dan pemerintahan di Hindia Belanda serta sistem persekolahan pada jaman itu dilampirkan bagan dan penjelasan seperlunya agar pembaca dapat mengikuti saduran ini dengan seksama.
Saduran ini diterbitkan da1am dua buku. Buku I berisi dokumentasi surat-menyurat yang berlangsung antara tahun 1900 dan 1913/1914. Dokumentasi tersebut antara lain memuat materi mengenai pendidikan pertanian, teknik, sekolah-sekolah untuk anak-anak gadis Bumi-putera, dan Cina. Diantaranya yang sangat menarik adalah bahwa orang sudah
mulai mengadakan eksperimen dan penelitian mengenai kebutuhan yang mendesak akan sekolah dasar (dese) di Indonesia sejak 70-80 tahun yang lalu, yang hingga kini masih merupakan masalah yang hangat. Buku II me1iputi dokumentasi antara tahun 1913/1914 hingga tahun 1940. Buku II ini antara lain membahas mengenai pendidikan tinggi, pendidikan guru, sekolah pera1ihan ("schakel-school"), perpustakaan rakyat dan bahkan mengenai organisasi pemuda yang diliputi oleh gagasan-gagasan kebangsaan yang sangat dikhawatirkan oleh Pemerintah Be1anda pada waktu itu.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:38
Last Modified: 02 Jan 2024 03:38
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27496

Actions (login required)

View Item View Item