Suryajaya, Martin and Tukan, Berto and Tirmizi, Tirmizi and Shalfiyanti, Shalfiyanti and Andra, Purnawan (2017) Pahlawan dan tokoh perempuan dalam bingkai kebinekaan. Direktorat Sejarah, Jakarta. ISBN 9766021289532

[img] Text
Pahlawan Dan Tokoh Perempuan Dalam Bingkai Kebinekaan.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (117MB)

Abstract

Kita tak bisa memungkiri peran yang dimainkan kaum perempuan dalam peperangan melawan kekuatan kolonial sejak abad ke- 16 sampai dengan abad ke- 19. Deretan nama pejuang perempuan bermunculan di benak kita, antara lain Laksamana Malahayati di Aceh, Nyi Ageng Serang di Jawa, Ratu Zaleha di Kalimantan, Martha Christina Tiahahu di Maluku.

Dalam buku ini, kita diajak untuk memaknai kembali petjuangan 34 tokoh perempuan nasional dari berabagai zaman, baik sebelum maupun setelah kemerdekaan. Sebagian dari tokoh itu telah dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional, sebagian lain diakui sebagai tokoh pergerakan dan tokoh teladan. Dengan kembali membaca riwayat mereka, kita akan menyelam ke dalam sejarah kebangsaan kita untuk menemukan bahwa dalam hampir setiap aspeknya kebangsaan kita dibentuk oleh daya-upaya kaum perempuan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Tokoh Nasional
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:42
Last Modified: 15 Dec 2023 07:42
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27442

Actions (login required)

View Item View Item