Sjarifudin, Sjarifudin and Triatno, Agus and Iskani, Iskani (1992) Keramik koleksi Museum Negeri Propinsi Kalimantan Selatan Lambung Mangkurat. Documentation. Direktorat Permuseuman, Banjarbaru.

[img] Text
Keramik Koleksi Museum Negeri Propinsi Kalimantan Selatan Lambung Mangkurat.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (20MB)

Abstract

Koleksi keramik Museum Negeri Propinsi Kalimantan Selatan Lambung Mangkurat, meliputi gerabah lokal, keramik nusantara dan keramik. asing. Keramik asing yg dik.oleksikan di Museum ini culmp banyak, jika dibanchngkan dengan keramik Nusantara dan gerabah lokal. Keramik asing ini menurut istilab dalam bahasa Banjar disebut "Melawen", yang umumnya terdiri dari wadah, yang pergunakan sebagai alat rumah tangga dan ada pula yg difungsikan sebagai alat upacara baik Upacara Daur Hidup, maupun Upacara Tradisional Yang Berhubungan Dengan Peristiwa Alam dan Kepercayaan, utamanya bagi mereka yang memeluk kepercayaan asli seperti Kaharingan.

Pada tulisan ini dipapark.an mengenai jenis keramik yang ditemuk.an di Kalimantan Selatan bersama dengan lokasi temuan dan cara ·penemuannya. Demik.ian pula jenis keramik. yang ditemukan dari gerabah lokal, k.eramik. Nusantara, sampai dengan keramik asing dari berbagai negara penghasilnya, yang dijadikan koleksi Museum ini sekarang.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 04 Dec 2023 09:26
Last Modified: 04 Dec 2023 09:26
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27358

Actions (login required)

View Item View Item