Abdullah, Teuku (2007) Tambeh Tujoh: pengungkapan dan pengkajian latar belakang isi manuskrip. BPNB Aceh, Banda Aceh. ISBN 9789799164667

[img] Text
PENGUNGKAPAN DAN PENGKAJIAN LATAR BELAKANG ISI MANUSKRIP TAMBEH TUJOH.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (40MB)

Abstract

Tambeh termasuk salah satu dari tiga bentuk sastra Aceh yang
dianggap lebih penting oleh para ulama dan pujangga Aceb tempo dulu. Dua jenis lainnya ialab hikayat dan nadham. Alasan tentang adanya anggapan demikian dapat dibuktikan dengan banyaknya karya bentuk tersebut yang ditulis ke dalam bentuk buku (naskah). Sementara beberapa jenis lain dari sastra Aceh seperti hiem, panton, kisah dan nasib pada umumnya tidak diabadikan kedalam naskah I buku, melainkan sekedar dihafal oleh para peminatnya saja.
Dalam menyusun Tambeh, para ulama mengambil bahannya dari
berbagai sumber. lsi Tambeh berupa terjemahan langsung secara utuh atau sebagian dari k:itab-k:itab bahasa Arab ataupun saduran dari kitab berbahasa Melayu. Banyak juga didapati kitab tambeh yang merupakan karya asli dari para ulama yang sekaligus sastrawan Aceh pula.
Oleh karena tambeh disusun dalam bentuk puisi atau syair Aceh, maka kitab Tambeh biasa dinamakan karya sastra agama atau hikayat agama. lsi tambeh secara umum adalah ajaran-ajaran yang berhubungan dengan tuntunan hidup secara Islami seperti tauhid, hukum, akhlak, pendidikan, tasauf dan filsafat. Nmaun, salah satu keistimewaan isi Tambeh Tujoh yang kita kaji ini karena membahas pula tentang ilmu kesehatan dan kedokteran secara panjang Iebar.
Begitulah, karya Tambeh (baca : lambeh Aceh) telah berperan
sebagai sumber pengetahuan dan pedoman hidup bagi masyarakat Aceh dari generasi ke genarasi. Namun, akibat berbagai kemajuan di bidang teknologi "dunia hiburan" seperti radio, televisi, film, dan media cetak telah menyebabkan kepopuleran naskah Tambeh dikalangan generasi muda Aceh
dewasa ini memfilln tajam, hampir tidak ada pihak yang menghiraukan lagi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Naskah Kuno
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Aceh
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:53
Last Modified: 27 Jun 2023 02:53
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item