Nanulaitta, I.O. (1982) Johannes Latuharhary, SH. : hasil karya dan pengabdiannya. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Jakarta.

[img] Text
Johannes Latuharhary SH Hasil Karya dan Pengabdiannya.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (79MB)

Abstract

Penulisan biografi tokoh nasional Mr. Johannes Latuharhary tidak bisa lain daripada menempatkan tokoh ini di dalam iklim perjuangan Bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan, mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, kemudian mengisi kemerdekaan itu dalam wadah persatuan dan
kesatuan nasional.
Bahwa perkembangan sejarah perjuangan tokoh ini mempunyai kaitan erat dengan emansipasi politik bangsa Indonesia, khususnya dengan emansipasi politik suku bangsa Maluku, adalah sesuatu yang timbul sebagai jawaban atas politik etis yang dijalankan oleh Belanda di kawasan Nusantara pada permulaan abad ke-20 dan atas desakan situasi politik di Asia pada waktu itu.
Oleh karena itu dengan sendirinya dalam tulisan ini ditonjolkan pula organisasi-organisasi orang-orang Maluku yang timbul akibat kesempatan pendidikan yang diperoleh mereka dalam masa politik etis tersebut. Mereka ini menghendaki adanya perubahan soal-soal kemasyarakatan agar supaya rakyat daerah asalnya bisa berkembang ke arah pencapaian suatu kehidupan politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan yang lebih baik daripada apa yang generasi lampau dan generasi mereka alami.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Hakim, pengacara, pejuang kemerdekaan, pahlawan nasional
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Tokoh Nasional
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Dec 2023 05:10
Last Modified: 27 Dec 2023 05:10
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27287

Actions (login required)

View Item View Item