UNSPECIFIED, ed. (2013) Jiwa ketok dan kebangsaan: S. Sudjono, persagi, dan kita. Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

[img] Text
JIWA KETOK DAN KEBANGSAAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (58MB)

Abstract

Galeri Nasional Indonesia memiliki koleksi karya-karya seni rupa Indonesia yang penting yang telah menjadi kebanggaan bangsa dan masyarakat seni rupa Indonesia hingga kini . Karya-karya yang bersejarah tersebut komi rawat dan pamerkan secara berkala sebagai bahan bagi proses apresiasi dan pembelajaran seni rupa kepada masyarakat luas. Koleksi tersebut menunjukan kaitan yang penting dalam masa perintisan dan perkembangan seni rupa modern Indonesia sejak awol abad ke-20 hingga perkembangan mutakhir kini, termasuk diantaranya adalah karya -karya masterpiece Raden Saleh Syarif Bustaman . Koleksi penting lainnya adalah karya-karya yang dikerjakan para seniman yang tercatat dalam sejarah seni rupa sebagai para anggota PERSAGI, perkumpulan seniman yang pertama kali dikenal di Indonesia. Tokoh-tokoh PERSAGI, dintaranya Sindhu Sudjojono, Agus Djaja, Otto Djaja, misalnya, hingga kini tetap menjadi panutan bagi banyak para pelukis Indonesia.
Tujuan penyelenggaraan pameran ini setidaknya ingin: menyatakan penghargaan dan apresiasi atas usaha perintisan yang telah dilakukan oleh tokoh seniman S. Sudjojono; menunjukan salah satu segi dari kekuatan koleksi karya-karya Galeri Nasional Indonesia serta menyuguhkan materi pendidikan dan apresiasi seni rupa bersejarah yang bermutu kepada para pecinta seni rupa Indonesia maupun masyarakat luas. Pameran ini tidak hanya menunjukkan karya-karya terbaik yang menjadi bagian dari koleksi komi, tetapi juga karya-karya penting yang dimiliki oleh lembaga-lembaga seni rupa yang memiliki dedikasi yang tinggi dan terpuji dalam
pengembangan seni rupa Indonesia saat kini. Melengkapi kerja
soma komi dengan lembaga-lembaga tersebut, pameran ini juga
dikukuhkan oleh partisipasi para tokoh seniman Indonesia yang mempersiapkan karya-karya mereka secara khusus. Para peserta pameran ini bekerja merespon undangan kuratorial yang dipersiapkan demi perayaan tujuan-tujuan penting kegiatan ini.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Seni rupa
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > Galeri Nasional Indonesia
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:01
Last Modified: 27 Jun 2023 03:01
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27284

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot