Putra, I Nyoman Darma and Pitana, I Gde (2010) Pariwisata pro-rakyat: meretas jalan mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Jakarta.

[img] Text
PARIWISATA PRO-RAKYAT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (69MB)
[img]
Preview
Image
COVER DEPAN PARIWISATA PRO-RAKYAT.1.jpg - Cover Image
Copyright All Rights Reserved

Download (707kB) | Preview

Abstract

Pariwisata berperan penting dalam menekan angka kemiskinan tetapi pengakuan eksplisit tentang hal ini baru muncul menyusul peluncuran Millenium Development Goals oleh PBB akhir tahun 2000. Di Indonesia, pengakuan pentingnya peran pariwisata untuk 'mengatasi pengangguran' dan 'mengurangi kemiskinan' ditegaskan dalam Undang-Undang Kepariwisataan 2009, amanat ang tidak ada dalam UU serupa sebelumnya.
Studi kepariwisataan ini cenderung menyajikan analisis statistik seperti kunjungan, perolehan devisa, dan kontribusinya terhadap pertumbuhan perekonomian, namun jarang disertai bukti empirik mengenai dampak nyata pariwisata terhadap perubahan kehidupan masyarakat miskin. Sementara itu, kajian pariwisata dengan pendekatan sosial, budaya, lingkungan cenderung menonjolkan dampak negatif kepariwisataan, misalnya sebagai penyebab komersialisasi budaya, pelacuran, narkoba, atau pencemaran lingkungan.
Dengan melengkapi kajian kuantitatif dengan bukti empirikulitatif, buku ini memberikan apresiasi yang objektif dan fair terhadap peranan sektor kepariwisataan dalam mengatasi pengangguran dan memerangi kemiskinan. Ilustrasi diambil dari berbagai destinasi wisata, seperti Danau Toba, Borobudur, Yogyakarta, Bali, Lombok, Komodo, dan Tana Toraja.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran > Pariwisata
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:49
Last Modified: 16 Nov 2023 06:49
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27261

Actions (login required)

View Item View Item