Abu, Rifai and Galba, Sindu and Setiawan, Henoch B. I. and Andoko, Ediyami B. and Waluyo, Harry (1989) Disiplin murid SMTA di lingkungan pendidikan formal pada beberapa propinsi di Indonesia. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Jakarta.

[img] Text
DISIPLIN MURID SMTA DILINGKUNGAN PENDIDIKAN FORMAL PADA BEBERAPA PROPINSI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (80MB)

Abstract

Ruang lingkup materi penelitian ialah memperoleh data dan informasi mengenai gambaran umum kota penelitian serta letak dan lingkungan SLTA yang dijadikan obyek penelitian. Gambaran umum kota penelitian meliputi unsur tempat-tempat keramaian, sarana transportasi, pendidikan, dan lingkungan fisik lainnya. Demikian pula dengan letak dan lingkungan pemukiman di sekitar sekolah yang diteliti.
Gambaran umum SLTA yang bersangkutan meliputi uraian tentang unsur-unsur keadaan kelas, keadaan guru, keadaan murid, sarana gedung, sarana laboratorium, sarana olah raga, sarana tempat ibadah, dan sarana perpustakaan. Latar belakang kebudayaan meliputi uraian tentang gambaran suku bangsa di kota penelitian dan di SLTA yang bersangkutan, penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah di sekolah, dan berbagai uraian tentang kesenian, seperti seni sastra, seni suara, seni rupa (lukis), seni drama, dan seni tari. Uraian selanjutnya ialah tentang agama yang dianut oleh siswa di sekolah tersebut.
Pada bagian inti penelitian diuraikan delapan unsur disiplin yaitu unsur kesetiakawanan, unsur tenggang rasa, unsur hemat dan prasaja, unsur cermat, unsur bekerja keras, unsur tertib, unsur pengabdian, dan unsur jujur dan kewiraan, siswa di sekolah yang bersangkutan dengan melihat motivasi, aturan-aturan, bentuk, serta sikap dan tingkah laku siswa pada masing-masing unsur tersebut.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas
Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:12
Last Modified: 21 Dec 2023 02:12
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27183

Actions (login required)

View Item View Item