Nawas, Zukri and Kahar, Thabran and Kasib, Baharuddin and Rusli, Anwar and Hasyimi, Hasyimi and Syarifuddin, Syarifuddin (1982) Ceritera rakyat daerah Jambi. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Jakarta.

[img] Text
CERITERA RAKYAT DAERAH JAMBI 1982.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (61MB)

Abstract

Cerita Rakyat (folklore) Indonesia merupakan bagian Kesusastraan Indonesia Lama. Daerah Jambi yang terletak di pulau Sumatera, yang konon tersisih dari tulisan Devanagari atau Pallawa-Cerita rakyatnya belum ditemui dalam bentuk tulisan (tertulis). Yang dimaksud dengan cerita rakyat daerah J ambi ialah cerita-cerita rakyat yang karena hubungan politis ketatanegaraan bermukim dan terdapat dalam satu daerah yang sama yakni Jambi. Jambi sebagai sebuah propinsi, memiliki bahasa tersendiri sebagai ciri khasnya. Bahasa propinsi ini lazim disebut bahasa Melayu Jambi, dengan mendapat keragaman pada beberapa daerah tingkat II.
Keragaman tersebut mencerminkan perbedaan-perbedaan sifat dan watak masyarakat pada masing-masing daerah itu tadi. Jelasnya, ada pengaruh sifat dan perilaku manusia terhadap bahasanya. Keragaman berbahasa itu meliputi perbedaan dalam pemakaian kata, bunyi bahasa, tekanan, kelompok kata, dan penyusunan kalimat.
Khususnya untuk bahasa Melayu Jambi yang dianggap sebagai dialek standarnya ialah bahasa Melayu Kotamadya Jambi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Cerita rakyat
Pendidikan > Kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:20
Last Modified: 19 Dec 2023 06:20
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27136

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot