Kahar, Thabran and Kasih, Baharuddin and Anwar, Nazir (1978) Ceritera rakyat daerah Jambi. Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img] Text
CERITERA RAKYAT DAERAH JAMBI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (62MB)

Abstract

Ceritera rakyat yang terkumpul ini telah ditetapkan tema-temanya dalam proyek penelitian ini ialah penampilan tokoh-tokoh mitologis dan legendaris. Itulah sebabnya laporan ini diberi berjudul Ceritera Rakyat Tokoh Utama Mitologis dan Legendaris Daerah Jambi.
Yang dimaksud mitologis ialah sifat Ceritera yang berupa mite, yaitu ceritera yang diknal di kalangan masyarakat di daerah tempat asal atau tempat persebaran ceritera tersebut dengan tokoh~tokoh yang dianggap keramat. Kisah tokoh yang terkandung dalam mite dalam anggapan masyarakat pendukungnya terjadi pada masa purba dan dalam lingkungan alam lain, sedangkan pengaruh daya kekeramatannya masih dianggap penting dalam kehidupan masyarakat.
Legendaris ialah sifat ceritera yang bercorak legenda, ceritera yang dikenal di kalangan masyarakat di daerah tempat asal atau pun di tempat persebaran ceritera tersebut dengan tokoh-tokoh yang dianggap pernah ada, tetapi kisahnya tinggal menjadi dongeng saja dan tidak mengandung kekeramatan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Cerita rakyat
Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 18 Dec 2023 09:59
Last Modified: 18 Dec 2023 09:59
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27135

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot