Sudirman, Sudirman (2022) Booklet:Pemanfataan Peninggalan Sejarah Kerajaan Lamuri Sebagai Museum Situs No.89/2022. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Banda Aceh.

[img] Text (Informasi Sejarah dan Kebudayaan Aceh-Sumut)
2022-Kerajaan Lamuri.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (997kB)

Abstract

Aceh terlahirkan dari sejarah. Banyak sumber yang
menginformasikan bahwa Aceh (sekarang Provinsi Aceh) dahulunya sarat dengan berbagai peristiwa bersejarah. Berdasarkan sumber-sumber tersebut dapat diketahui pula bahwa Aceh pernah mengalami kejayaan, kebesaran, serta dikagumi dan disegani oleh pihak-pihak di luar Aceh. Namun, bukti yang menunjukkan tentang kejayaan dan kehebatan Aceh pada masa lalu belum banyak diketahui. Oleh karena itu, semua aspek sejarah Aceh perlu ditulis supaya tidak hanya ada dalam pikiran yang lama kelamaan dapat menjadi mitos.
Kerajaan Lamuri merupakan salah satu peninggalan sejarah Aceh.Meskipun di sana-sini masih misterius berkaitan dengan proses sejarahnya, tetapi yang pasti kerajaan tersebut pernah eksis keberadaannya di Aceh. Sebagai sebuah kerajaan, kerajaan Lamuri tentu meninggalkan berbagai aspek kesejarahan. Peninggalan tersebut merupakan aset bangsa yang harus dilindungi, dikembangkan, dan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Tulisan ini berusaha merumuskan konsep pengembangan dan pemanfaatan bekas kerajaan Lamuri sebagai museum situs. Dengan itu, diharapkan peninggalan sejarah tersebut dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Aceh
Depositing User: Nurmila Khaira
Date Deposited: 13 Sep 2023 05:36
Last Modified: 13 Sep 2023 05:36
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27069

Actions (login required)

View Item View Item