Kasijanto, Kasijanto and Sihotang, Vera Budi Lestari (2018) Ladang jagung di lahan kering : peradaban agraris di Nusa Tenggara Timur. Direktorat Sejarah, Jakarta. ISBN 978-602-1289-99-0

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan sejarah tanaman jagung di Indonesia)
LADANG JAGUNG DI LAHAN KERING PERADABAN AGRARIS DI NUSA TENGGARA TIMUR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (62MB) | Preview

Abstract

Buku "Ladang Jagung di Lahan Kering: Peradaban Agraris di Nusa Tenggara Timur" memberikan gambaran bagaimana sejarah tanaman jagung di Nusa Tenggara Timur telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, tidak hanya sekedar tanaman pangan, namun secara historis juga menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat NTT. Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris, memiliki peradaban agraris di setiap wilayahnya. Hingga saat ini tulisan sejarah mengenai peradaban agraris yang banyak diangkat masih banyak seputar tanaman padi, padahal masih banyak tanaman pangan yang menjadi makanan pokok di Indonesia, seperti sagu, umbi-umbian maupun jagung. Literatur sejarah terkait peradaban agraris non tanaman padi belum dikenal luas masyarakat, sehingga perlu untuk digali dan diteliti lebih lanjut. Salah satunya adalah sejarah peradaban agraris jagung di Nusa Tenggara Timur.
Sejarah peradaban agraris Nusa Tenggara Timur nyaris tidak banyak dibicarakan dalam tulisan dan buku-buku. NTT dengan lahan kering ternyata juga menyimpan sejarah panjang tanaman jagung, oleh karena itu buku ini menjadi penting karena diharapkan dapat menambah literatur mengenai kekayaan peradaban agraris di Indonesia. Harapan kami dengan terbitnya buku ini dapat membuka ruang dalam kajian keilmuan sejarah yang masih sedikit membahas mengenai peradaban agraris terutama diluar tanaman padi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:51
Last Modified: 02 Feb 2024 04:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27064

Actions (login required)

View Item View Item