Maswan, Syukrani and Umar, A. Rasyidi and Mubasa, Zulkifli (1986) Arti perlambang dan fungsi tata rias pengantin dalam menanamkan nilai-nilai budaya daerah Kalimantan Selatan. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Jakarta.

[img]
Preview
Image
Cover Depan Arti perlambang dan fungsi tata rias..kalsel0001.jpg - Cover Image
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Arti Perlambang dan Fungsi Tata Rias Pengantin KalSe.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (72MB)

Abstract

Dilihat dari sana, penerbitan hasil penginventarisasian dan pendokumentasian Proyek IDKD paling tidak mempunyai dua aspek kepentingan, yaitu bagi masyarakat sendiri agar mereka lebih mengenal dan menghayati nilai-nilai kebudayaannya sendiri, serta sikap-sikap hidup dalam menghadapi nilai-nilai budaya yang masuk melalui hasil dan teknologi baru. Sedangkan bagi pemerintah merupakan sarana untuk memupuk, memperkaya dan memberi corak kebudayaan nasional, serta bahan pokok bagi kebijaksanaan nasional.

Karena itu penerbitan hasil penginventarisasian dan pendokumentasikan Proyek IDKD Kalimantan Selatan mempunyai arti penting bagi penanaman dan penumpukan nilai budaya nasional melalui hasil budaya daerah Kalimantan Selatan. Lebih banyak hasil penginventarisasian dan pendokumentasian d~pat diterbitkan, akan lebih beragam pula aspek kebudayaan dengan nilai-nilai budayanya yang berhadapan dengan teknologi baru dan hasil-hasilnya yang memasuki rumah tangga masyarakat Indonesia, dapat disebarluaskan dan pada akhirnya diserap oleh berbagai lapisan masyarakat, sehingga lebiil terbuka pula mata mereka terhadap keragaman dan kekayaan nilai budaya daerahnya.

Saya mengharapkan agar hasil penerbitan Proyek IDKD
Kalimantan Selatan dari tahun ke tahun dapat menjangkau lapisanlapisan masyarakat yang lebih luas. Di samping kuantitatif penerbitan setiap aspek, juga aspek-aspek kebudayaan daerah Kalimantan Selatan yang sudah menjadi naskah (draft I) diharapkan dalam waktu singkat dapat diterbitkan dan disebarluaskan seluruhnya .

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Pakaian Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Seni rupa
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 25 Oct 2023 21:59
Last Modified: 25 Oct 2023 22:32
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27016

Actions (login required)

View Item View Item