Heryana, Agus and Purnama, Yuzar and Priarana, Suwardi Alamsyah and Rosmana, Tjetjep and Masduki, Aam and Supriatna, Endang and Rachmawati, Enden Irma (1995) Hikayat Raden Qodli sareng Nyi Zaojah (kajian dan analisis). Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Bandung.

[img] Text
HIKAYAT RADEN QODLI SARENG NYI ZAOJAH (KAJIAN DAN ANALISIS).pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (57MB)
[img]
Preview
Image
COVER DEPAN HIKAYAT RADEN QODLI SARENG NYI ZAOJAH (KAJIAN DAN ANALISIS).1.jpg - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (233kB) | Preview

Abstract

Untuk membantu mempermudah pengembangan pembinaan saling pengertian dan memperluas cakrawala budaya dalam masyarakat kita yang besifat majemuk itulah pemerintah telah melaksanakan berbagai program, antara lain dengan menerbitkan buku-buku yang bersumber dari naskah-naskah lama seperti yang diusahakan oleh Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung. Mengingat arti pentingnya usaha tersebut, saya dengan senang hati menyambut terbitnya buku yang beijudul Hikayat Raden Qodli sareng Nyi Zaojah.

Secara garis besar penelitian naskah ini bertujuan untuk mengungkapkan kandungan suatu naskah, mengingat kajian-kajian tentang naskah jarang dilakukan. Di samping itu, diusahakan pula penyajian teks naskah yang mudah dicerna disertai terjemahan teks naskah dari bahasa aslinya. Diharapkan dengan cara ini penyebarluasan informasi budaya daerah dapat lebih luas jangkauannya.

Adapun metode yang digunakan pada penelitian naskah, di
samping pendekatan yang bersifat filologi sebagai langkah awal pengkajian naskah yang dimaksud, digunakan pula metode lain untuk memahami suatu teks naskah. Metode yang dimaksud adalah metode analisis isi, content analysis.

Teknik lain yang digunakan guna memahami suatu teks naskah
adalah melakukan studi pustaka. Studi pustaka dilakukan untuk memperoleh data teoritis yang dapat dipakai sebagai data penunjang penelitian.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Prosa
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Cerita rakyat
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:39
Last Modified: 23 Oct 2023 03:36
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27010

Actions (login required)

View Item View Item