Kisyani-Laksono, Kisyani-Laksono (2004) Bahasa Jawa di Jawa Timur bagian utara dan Blambangan (kajian dialektologis). Pusat Bahasa, Jakarta. ISBN 9796854694

[img] Text (Penelitian bahasa Jawa)
Bahasa Jawa - Di Jawa Timur dan Blambangan2.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (16MB)

Abstract

Buku ini membahas tentang penelitian Bahasa Jawa di Jawa Timur bagian utara dan Blambangan. Berdasarkan hasil survei nasional tahun 1 998 (BPPS, 1999), Provinsi Jawa Timur dihuni oleh lebih dari 34 juta jiwa penduduk yang terdiri atas sekitar 27 juta penduduk yang berbahasa Jawa dan lebih dari 7 juta yang berbahasa Madura.
Bahasa Jawa di Jawa Timur bagian utara dan Blambangan, menarik untuk dikaji secara dialektologis karena di daerah itu bahasa Jawa berdampingan dengan bahasa Madura dan Bali. Secara geografis, hal itu tidak didapatkan pada bahasa Jawa yang terletak di sisi selatan Jawa Timur. Oleh sebab itu, daeran Jawa Timur bagian selatan tidak menjadi daerah penelitian. Selain itu, keterbatasan peneliti juga merupakan salah satu sebab mengapa daerah Jawa Timur tidak diteliti secara keseluruhan. Daerah Jawa Timur bagian utara dan Blambangan ini juga menarik dari segi pemetaan bahasa karena dalam peta bahasa Wurm dan Hattori (1983), dialect boundary (batas dialek) bahasa Jawa di Pulau Jawa hanya terdapat di Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat (hasil penelitian Nothofer). Batas dialek itu belum terdapat di Jawa Tengah bagian timur dan Jawa Timur.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: - Perpustakaan Badan Bahasa Kemdikbud
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:27
Last Modified: 06 Jan 2023 07:27
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/26600

Actions (login required)

View Item View Item