Hasbi, Muhammad and Sofyan, Agus and Laelasari, Euis and Syamsuddin, Mochammad and Purantiningrum, Liesna and Rahmawati, Ami and Suswantoro, Edi and Suhanda, Endin and Dewi, Erni Sukmawati and Ramdani, Agus and Rahmat, Ujang and Sutisna, Endang (2017) Model penguatan sistem pendataan ATS melalui peran serta tripides: ujicoba pendataan ATS di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Pangandaran. PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat, Lembang.

[img] Text
Model 2017-Model Tripides.pdf
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB)

Abstract

Pendataan ATS merupakan upaya penggalian informasi tentang anak usia 6-21 tahun yang tidak sekolah maupun tidak melanjutkan sekolah karena miskin atau tidak mampu. Diutamakan bagi anak yang orang tuanya pemegang KPS atau KKS dan yang sudah maupun belum memiliki KIP, agar memperoleh layanan pendidikan dasar dan/atau menengah pada jalur formal maupun nonformal. Bentuk layanan pendidikan pada program jalur formal adalah agar mereka dapat kembali belajar di sekolah, sedangkan pada jalur nonformal mereka dapat mengikuti program kesetaraan (Paket A, B, dan C) atau program kursus keterampilan.
Dalam pelaksanaannya pendataan ATS ini masih ditemukan beberapa permasalahan baik dari segi jumlah maupun akurasi data ATS yang diperoleh khususnya pada jalur PNF. Sumber masalah tidak akuratnya data ATS ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu tidak pernah adanya pemutakhiran data, kurangnya pelibatan pihak asosiasi profesi dan organisasi mitra (IPI, IPABI, Forum Tutor, HIPKI, dan Forum PKBM), pemerintah kecamatan, pemerintah desa, pengelola satuan PNF dan masyarakat dalam melakukan penyisiran ATS.
Menyikapi hal di atas, maka PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat sebagai UPT Ditjen PAUD dan Dikmas yang salah satu fungsinya mengembangkan model PAUD dan Dikmas, memandang perlu untuk mengembangkan model yang terkait dengan pendataan ATS sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun judul model yang dikembangkan adalah ”Penguatan Sistem Pendataan ATS Melalui Peran Serta Tripides”, dengan harapan model ini bisa dipergunakan sebagai alternatif untuk mempermudah proses pendataan ATS secara sinergi sehingga menghasilkan data ATS yang akurat secara kuantitas maupun kualitas, dan pada tujuan akhirnya jumlah masyarakat yang berpartisipasi mengikuti Program Indonesia Pintar (PIP) semakin meningkat.

Item Type: Book
Additional Information: Terdiri dari bahan suplemen sebagai berikut: 1. Panduan Fasilitator Kebijakan Tripida dalam Pendataan ATS melalui Peran Serta Tripida : Topik 01 Peran Tripida dalam Pendataan ATS 2. Panduan Fasilitasi pada Pentaloka Penguatan Sistem Pendataan melalui Peran Serta Tripedes : Topik 02 Fasilitasi Testimoni (Ungkapan Pengalaman) 3. Panduan Fasilitasi Pentaloka Penguatan Peran Serta Tripides dalam Pendataan ATS : Topik 03 Tripida dalam Pendataan ATS 4. Panduan Fasilitasi Pentaloka Penguatan Peran Serta Tripides dalam Pendataan ATS : Topik 04 Pendataan ATS dalam Program PNFI 5. Panduan Fasilitasi Pentaloka Penguatan Peran Serta Tripides dalam Pendataan ATS : Topik 05 Diskusi Kelompok dan Praktek Lapangan 6. Panduan Fasilitasi Pentaloka Penguatan Peran Serta Tripides dalam Pendataan ATS : Topik 06 Refleksi dan Penyusunan Rencana Kegiatan Tinjak Lanjut (RKTL) Pentaloka
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat
Depositing User: Mrs Sofi Suwaris
Date Deposited: 17 Feb 2023 08:15
Last Modified: 17 Feb 2023 08:15
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/26060

Actions (login required)

View Item View Item