Turmudi, Turmudi and Fajrian, Rico and Qadarsih, Maharani and Noviandi, Adita (2020) Buletin Kalatirta Kabupaten Lebak. BPCB Provinsi Banten . BPCB Provinsi Banten, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Serang, pp. 1-102.

[img] Text (Databes Lebak)
Buku Lebak Full.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (159MB)

Abstract

Upaya menyusun dan menerbitkan buku Database Cagar Budaya Kabupaten Lebak ini patut diapresiasi karena minimnya tulisan mengenai cagar budaya atau obyek yang diduga cagar budaya di wilayah ini. Selain itu, melalui terbitan ini tentu akan dapat mendorong pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah pendataan, pendaftaran, pengkajian sebagai bagian dari proses penetapan cagar budaya yang ada di wilayahnya. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya bahwa penetapan Cagar Budaya dilakukan oleh Bupati/Walikota setelah menerima rekomendasi Tim Ahli Cagar Budaya. Cagar budaya agar dapat lebih bermakna dan diapresiasi oleh masyarakat perlu dikemas sesuai dengan norma-norma yang berlaku dan harus mudah dipahami oleh masyarakat/pembaca. Langkah yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Banten
dengan menerbitkan buku database cagar budaya secara bertahap di tingkat kabupaten merupakan satu upaya langkah awal pelestarian dalam bentuk desain dokumentasi cagar budaya.Deskriptif dan visualisasi gambar yang menarik dari buku Database Cagar Budaya Kabupaten Lebak ini mudah-mudahan menjadi pendorong untuk lebih meningkatkan publikasi cagar budaya. Setelah membaca dan memahami terbitan ini mudah-mudahan masyarakat dan pemerintah daerah akan terus berusaha melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan cagar budaya di wilayahnya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPCB Banten
Depositing User: bpcb banten
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:56
Last Modified: 28 Aug 2023 06:56
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25757

Actions (login required)

View Item View Item