Kamarudin, Udin and Nurbaya Siti, Siti and Hairuman, Uman and Kurnia, Kurnia and Srinanik Endang, Nanik and Wardani, Warda and Topo Suprianto, Supri and Mulhatim, Hatim and Zaeni, Zaeni and Arniah, Niah and Kasiyati, Yati and Napitulu Lumiati, Lumiati and Elvina, Vina and Kamaruddin Hasan, Hasan (2021) BORNEO : Jurnal Ilmu Pendidikan Kalimantan Timur Edisi Khusus, Nomor 51, April 2021. BORNEO Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XV (51). LPMP Kalimantan Timur, Kalimantan Timur. ISBN ISSN 18583105
Text
80. Khusus, Nomor 51, April 2021.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Jurnal ini memuat tentang beberapa penelitian pembelajaran daring pada peserta didik kelas VIII-C MTsN 3 Kutai Kartanegara melalui media powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya
adalah peserta didik kelas VIII-C MTsN 3 Kutai Kartanegara yang berjumlah 35 orang. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskripstif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntaasan KKM peserta didik setiap siklus yaitu pada kondisi awal sebesar 63% meningkat menjadi
74,57% pada Siklus I dan 87,43% pada Siklus II. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik. Dari 35 peserta didik kelas VIII-C hanya 15 orang atau 42,86% dengan kategori “Kurang” yang tuntas atau memperoleh nilai sama atau diatas KKM, meningkat menjadi 27 orang atau 77,14% dengan kategori “Cukup” pada Siklus I. Kemudian meningkat lagi menjadi 32 orang atau 91,43% pada Siklus II dengan kategori “Baik”. Peningkatan hasil belajar peserta didik karena adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran daring menggunakan media power point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Literasi Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 09:14 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 09:15 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25346 |
Actions (login required)
View Item |