Giyana, Giyana and Samsir Sitti, Sitti and Taruklobo Lois, Lois and Sukono, Sukono and Rosanti Agus, Santi and Wulanjani Retno Deny, Retno and Mujinem, Muji and Nuryani, Nuryani and Rachmawati, Wati and Roswaty Reny, Reny and Rumini, Rumi and Sawal, Sawal and Suryani Siti, Siti and Sulastri, Sulastri and Suwarno, Warno (2019) BORNEO Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur Edisi Khusus, Vol. XIII, No. 34 2019. BORNEO Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XIII (34). LPMP Kalimantan Timur, Kalimantan Timur. ISBN ISSN 1858-3105

[img] Text
59. Khusus Nomor 34 April 2019.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Jurnal ini memuat karya beberapa hasil penelitian ini bertujuan untuk mendeskrepsikan peningkatan kemampuan guru mengintegrasikan pendikar dalam perencanakan dan pelaksanaan pembelajaran melalui pembinaan pasca supervisi akademik pada SMP Binaan di Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS), yang dilaksanakan
sebanyak dua siklus tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s.d. Oktober 2018. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 40 orang guru SMP Binaan di Kabupaten Bantul, dengan latar belakang mapel MIPA dan TIK yang berasal dari 5 SMP Binaan. Sebagai pelaksana tindakan adalah peneliti sendiri dibantu 5 orang Kepala Sekolah Binaan untuk melakukan supervisi akademik dan observasi pelaksanaan pembinaan pasca supervisi akademik. Teknik pengumpulan data yang digunakan: teknik observasi, penilaian RPP, wawancara dan studi dokumen. Instrumen pengumpul data menggunakan: Lembar Observasi, Pedoman Wawancara dan Lembar Penilaian/ Telaah RPP. Teknik analisis data memanfaatkan model analisis data mengalir, yang dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, deskripsi data dan penyimpulan atau erifikasi, yang didasarkan atas persentase dan kriteria kemampuan guru minimal. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian
dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui melalui pembinaan
pasca supervisi akademik pada guru SMP Binaan di Kabupaten
Bantul telah dapat meningkatkan kemampuan guru mengintegra-sikan pendikar dalam: (1) perencanaan pembelajaran sebesar 52.50%, yakni pada siklus I = 30.00% dan pada siklus II = 22.50% (dari 27.50% pada kondisi awal menjadi 57.50% pada siklus I, dan 80.00% pada siklus II dan (2) pelaksanaan pembelajaran sebesar 65.00%, yakni pada siklus I = 25.00%, dan pada siklus II = 40.00% (dari 17.50% pada kondisi awal menjadi 42.50% pada siklus I, dan 82.50% pada siklus II).

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Literasi Sekolah
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 17 Mar 2022 09:05
Last Modified: 17 Mar 2022 09:27
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25283

Actions (login required)

View Item View Item