Nurhidayati Emy, Emy and Imammudin, Kartawi, Indri Astuti, Kartawi and Salmani, Salmani and Suhartini Darmawati, Suhartini and Rusmiyatun, Rusmiyatun and Umi Nurainiyah, Sujiningsih, Kabul, Umi and Sahrianur Wasimin, Sahrianur and Yusman, Karyani, Suparman, Suparman and Sutami Utha, Utha and Suwarno, Suwarno and Kusdirokit, Kusdirokit and Rahayu Nanik, Nanik and Ardiantari Nuri Margareta, Nuri (2018) Borneo: jurnal ilmu pendidikan LPMP Kalimantan Timur edisi khusus Volume XII No. 22 2018. LPMP Kalimantan Timur, Samarinda. ISBN 1858-3105

[img] Text
45. Khusus Nomoe 22 Maret 2018.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas telah dilakukan di Kelas V SD Negeri 007 Waru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan. Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) merupakan model pembelajaran kooperatif yang berkaitan dengan Student Teams-Achievment-Division (STAD). Dalam tipe-TGT, siswa memainkan permainan dengan anggota-anggota tim lain untuk memperoleh tambahan poin pada skor tim mereka, sehingga siswa dapat dengan mudah mengingat dan memahami materi pembelajaran. Subyek penelitian adalah siswa Kelas V SDN 007 Waru semester II tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 orang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Data diperoleh melalui observasi, pemberian tugas dan tes hasil belajar setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 007 Waru pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan. Aktivitas siswa meningkat dari 45,6% pada siklus I menjadi 80,6% pada siklus II, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan yang diperoleh pada siklus I sebesar 68,45 dengan ketuntasan belajar 65,7% meningkat pada siklus II menjadi 79,4 dengan ketuntasan belajar 82,86% kemudian pada siklus IIIjuga terjadipeningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi sebesar 80,59 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 23 May 2022 10:15
Last Modified: 23 May 2022 10:26
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25276

Actions (login required)

View Item View Item