Yolanda, Yolanda and Yani Ahmad, Ahmad and Hidayah, Hidayah and Prihadi, Prihadi and Duladi, Duladi and Gunani Sri, Sri and Komaliah Noor Siti, Siti and Iriani Saidah, Saidah and Lestari Sari, Sri and Karton I Ketut, Ketut and Rahayu Suswatining, Rahayu and Maimunah, Maimunah and Bestary Reisky, Reisky and Sary Rahimah Intan, Intan and Sahabuddin Hasanah, Hasanah and Sudjaelan, Sudjaelan and Misransyah, Misran and Rukiyah Ity, Ity and Yakun, Yakun (2018) Borneo: jurnal ilmu pendidikan LPMP Kalimantan Timur edisi khusus Volume XII No. 21 2018. LPMP Kalimantan Timur, Samarinda. ISBN 1858-3105
Text
44. Khusus Nomor 21 Februari 2018.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (1MB) |
Abstract
Mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang di takuti oleh siswa. Ini adalah kenyataan yang terjadi di dalam kelas karena sulitnya penyelesaian soal- soal yang mereka kerjakan. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar siswa yang di tinjau dari aspek kognitif, banyak anak yang mendapatkan nilai di bawah KKM atau kurang dari 65. Maka perlu adanya suatu usaha untuk meningkatkan hasil belajar tersebut melalui pendekatan metode demonstrasi melalui penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika. Maka peneliti memilih alat peraga bangun datar persegi dan persegi panjang dalam menentukan luas bangun datar di kelas 2 SDN 009 Balikpapan Barat. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian bilangan bulat melalui metode demonstrasi di kelas 2 SDN 009 Balikpapan Barat. Yang secara langsung menjadi sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang duduk di kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 009 Balikpapan Barat. Ada tiga tahapan dalam penelitian ini yaitu pra siklus, siklus 1 dan 2. Yang di mana masing - masing siklus memiliki dua pertemuan. Adapun model penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam setiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan ( tindakan ), observasi dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Dari analisis penelitian ini dapat dilihat bahwa hasil belajar matematika pada materi menentukan luas bangun datar persegi dan persegi panjang memperoleh nilai rata- rata 53,25 meningkat pada siklus 1 setelah menggunakan alat peraga menjadi 64,31 dan setelah menjalani perbaikan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 79,08. Artinya bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian bilangan bulat di kelas 2 SDN 009 Balikpapan Barat.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 23 May 2022 10:11 |
Last Modified: | 23 May 2022 10:26 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25274 |
Actions (login required)
View Item |