Direktorat PAUD, Dikdas dan Dikmen, Direktorat PAUD, Dikdas dan Dikmen (2021) Buku saku tanya jawab kurikulum merdeka. Manual. Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta.
Text
Tanya jawab Kurikulum Merdeka.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (1MB) |
Abstract
Implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan harus
memperhatikan ketercapaian kompetensi peserta didik pada
satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Masa pandemi Covid-19 merupakan salah satu kondisi khusus yang menyebabkan ketertinggalan pembelajaran (learning loss) yang berbeda-beda pada ketercapaian kompetensi peserta didik. Untuk mengatasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) diperlukan kebijakan pemulihan pembelajaran dalam jangka waktu tertentu terkait dengan implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan.Implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik dan harus memperhatikan
ketercapaian kompetensi peserta didik di satuan pendidikan
dalam rangka pemulihan pembelajaran. Maka satuan pendidikan
diberikan opsi dalam melaksanakan kurikulum yang sesuai dengankebutuhan pembelajaran bagi peserta didik. Tiga opsi kurikulum tersebut yaitu Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat (yaitu Kurikulum 2013 yang disederhanakan oleh Kemendikbudristek), dan Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Monograph (Manual) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Merdeka Belajar Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Kurikulum |
Divisions: | Sekretariat Jenderal |
Depositing User: | Mrs Syafnelly Syafnelly |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 13:09 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 06:53 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24917 |
Actions (login required)
View Item |