Hasanah, Uswatun and Silitonga, Mirdat (2020) Gerakan literasi sekolah serta implementasinya di Sekolah Dasar. Other. Pusat Penelitian Kebijakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Text
1629814115_Puslitjak_18_GLS_Serta_Implementasinya_di_SD.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (926kB) |
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah diselenggarakan sejak 2016. Sebagai sebuah gerakan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan literasi siswa, penyelenggaraan GLS dipengaruhi oleh banyak faktor. Hasil analisis dalam buku ini menunjukkan beberapa faktor yang turut menghambat ketercapaian implementasi GLS. Pertama, peran kepala sekolah sejauh ini telah memiliki komitmen dalam menerapkan GLS, tetapi masih pada taraf melaksanakan sesuai ketentuan dan belum sampai pada taraf memberikan inovasi. Kedua, minimnya dukungan keluarga dalam melaksanakan kegiatan literasi di rumah. Ketiga, self-directed learning yaitu keinginan belajar siswa secara mandiri yang ternyata masih dalam taraf biasa. Hal ini menunjukkan tahap pembiasaan belum maksimal dilakukan sehingga tujuan pada tahap pembiasaan yaitu menumbuhkan minat peserta didik terhadap bacaan belum tercapai. Keempat, partisipasi masyarakat masih cukup rendah, artinya masyarakat belum memiliki kesadaran dan kepedulian dalam pelaksanaan GLS.
Item Type: | Monograph (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Literasi Pendidikan > Sekolah > Literasi Sekolah Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | perpus dikbud |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 15:39 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 15:39 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24909 |
Actions (login required)
View Item |