Arsa, Dian and Harneni, Windi (2020) Petualangan antropolog cilik: mengunjungi suku-suku pedalaman di Asia Tenggara. Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. ISBN 9786233070126

[img] Text
22. Lastri_Dian Arsa-Antropolog Cilik (SJ).pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (23MB)

Abstract

Kata antropolog bisa jadi belum saatnya diperkenalkan kepada anak-anak setingkat SD. Namun, lewat buku dan film, di Barat anak-anak malah sudah diperkenalkan kata astronomi, kosmologi, big bang, filsafat, sokrates, politik, ras, arkeologi, biologi, DNA, nuklir, dan banyak lagi. Anda tinggal mengetikkan cosmology for kids di laman pencarian. Toko daring akan memberikan rekomendasi bukunya dan buku-buku lain yang berkaitan dengan itu.
Apa yang terjadi dengan kita? Ilmuwan (tidak melulu pengetahuan alam, tetapi juga sosial) dan penulis berbakat kita lupa untuk menjelaskan kepada anak-anak tentang pengetahuan hebat yang telah dicapai manusia di dunia ini. Di sekolah kata antropologi mungkin saja baru diperkenalkan di tingkat SMA, itu pun jika ia mengambil jurusan IPS. Bagaimana dengan jurusan IPA? Lalu, bagaimana dengan siswa SD?
Mengemas pemahaman antropologi untuk anak-anak sangatlah menarik, apalagi jika mengenal antropologi budaya dilakukan lewat pengalaman mengunjungi suku-suku pedalaman yang ada di negara-negara di Asia Tenggara. Negara-negara di lingkup ASEAN memiliki suku-suku yang beragam, yang bisa jadi memiliki keterkaitan budaya satu dengan yang lain. Yang perlu digarisbawahi adalah pemahaman kita terhadap suku pedalaman sangat dibutuhkan, terutama untuk mengajarkan nilai-nilai positif dalam memahami perbedaan budaya kepada anak-anak, dan tentu saja mengambil nilai-nilai positif yang dapat kita bagikan kepada anak-anak lewat suku-suku pedalaman.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Cerita anak
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bacaan siswa SD
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra
Depositing User: - Perpustakaan Badan Bahasa Kemdikbud
Date Deposited: 18 Feb 2022 09:40
Last Modified: 18 Feb 2022 09:40
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24748

Actions (login required)

View Item View Item