Mariana, Neni and Widowati, Asri and Hastuti, Woro Sri and Abidin, Yunus and Faisal, Faisal (2021) Mencari model PPG untuk Indonesia. Tanoto Foundation, Jakarta. ISBN 9786021730294
Text
Buku Mencari Model PPG untuk Indonesia.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan peradaban dan kemajuan teknologi memacu kita semua untuk menyesuaikan seluruh kerangka berpikir dan perangkat kerja dalam setiap kehidupan. Berdasarkan pemahaman tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), khususnya Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) terus berupaya meningkatkan kualitas seorang guru yang dibutuhkan saat ini sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dasen. Melakukan refleksi, berkolaborasi, mendukung pembelajaran aktif yang berorientasi pada murid, menjadi teladan dan memiliki kompetensi dasar guru dan kepemimpinan yang baik adalah ciri yang tepat untuk menggambarkan profil guru bermutu. Hal tersebut ini dapat diwujudkan melalui sebuah penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) baik Prajabatan maupun Dalam Jabatan. Strategi ini dijalankan agar dapat menghadirkan guru yang profesional sebagai agen perubahan yang bertujuan mempersiapkan generasi emas bangsa.
Program peningkatan kualitas dan kompetensi guru telah digulirkan. Dalam perjalanannya, pola pembimbingan sebagai upaya meningkatkan profesionalitas guru terus diperbaharui dengan tidak mengesampingkan nilai atau karakter dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) maupun lingkungan sekolahnya. Sistem pembimbingan yang kolaboratif dan reflektif menjadi cerminan dari model pelaksanaan pengajaran untuk mendukung sistem pembelajaran aktif yang berorientasi pada murid. lnovasi dan temuan model pembimbingan ini diejawantahkan dengan gamblang untuk meningkatkan kualitas calon guru yang profesional dalam pelaksanaan PPG Prajabatan.
Kolaborasi tidak hanya dilakukan pada tataran antara Dasen dan Guru dalam pelaksanaan PPG Prajabatan tetapi juga berlaku dengan mitra terkait untuk memperkaya praktik baik dan temuan yang inovatif. Kerjasama yang terjalin baik antara Kemdikbudristek, Tanoto Foundation, dan LPTK di Indonesia: Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melalui PPG Prajabatan 2020 -2021 dapat menjadi sebuah acuan untuk meningkatkan kualitas calon guru. Semoga praktik baik dan inovasi yang didokumentasikan ini mendukung peningkatan kualitas guru secara berkelanjutan.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Inovasi Pendidikan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan |
Depositing User: | Mr Chaidir Amir |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 01:56 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 01:56 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24707 |
Actions (login required)
View Item |