Mekuo, A. Djohan and Matry, M. Nurdin and Sarnani, Taufik and Suleman, A. Rauf (1992) Pola pengasuhan anak tradisional daerah Sulawesi Tenggara. Proyek Penelitian Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Jakarta.

[img]
Preview
Text
POLA PENGASUHAN ANAK TRADISIONAL DAERAH SULAWESI TENGGARA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (34MB) | Preview

Abstract

Pengasuhan anak (child rearing) sebagai salah satu aktivitas sosial yang berlangsung pada masing-masing lingkungan kelompok sosial akan menunjukkan pula adanya perbedaan pola dan sistem pengasuhan antara suku bangsa satu dengan suku bangsa yang lain. Terlebih kepada masyarakat Sulawesi Tenggara yang kurang lebih 87% berada di pedesaan, di mana pola hidup dan sistem sosialnya masih banyak dipengaruhi oleh tradisi dan kondisi lingkungannya.
Pola hidup masyarakat Tolaki yang mendiami daratan semenanjung Tenggara pulau Sulawesi berbeda dengan pola hidup masyarakat Buton dan Muna yang sejak dahulu telah bermukim di wilayah kepulauan di Sulawesi Tenggara. Orang Tolaki di Daerah Kendari dan Kolaka menganut pola hidup agraris, sedang orang Buton dan Muna di pulau Buton dan pulau Muna menganut pola hidup maritim. Dengan demikian, maka sistem sosial, adat istiadat dan kebiasaan masyarakat di Daerah Sulawesi Tenggara inipun berbeda-beda, termasuk pola pengasuhan anak dalam keluarga pada masing-masing suku bangsa. Keanekaragaman cara/sistem budaya masyarakat inilah yang mendorong upaya pengumpulan dan penyusunan naskah ke- budayaan ini yang berjudul "POLA PENGASUHAN ANAK SECARA TRADISIONAL" di DAERAH SULAWESI TENGGARA.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 01 Jan 2024 17:24
Last Modified: 01 Jan 2024 17:24
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24662

Actions (login required)

View Item View Item