Joko, Bambang Suwardi and Fajarini, Catur Dyah and Astuti, Rahmah and Fransisca, Retno (2020) Persepsi masyarakat terhadap sekolah yang dianggap favorit. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786020792743
Text
Persepsi Masyarakat Terhadap Sekolah Favorit.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
Abstract
Fakta yang berkembang di masyarakat, banyak orang tua memiliki persepsi berlebih terhadap sekolah ‘favorit’. Tradisi berebut sekolah yang difavoritkan menimbulkan stigma bahwa sekolah favorit merupakan sekolah yang memberi jaminan mutu prestasi, dengan fasilitas pendidikan kelas satu, layanan pendidikan berstandar tinggi, hingga kuatnya jaringan alumni menjadi magnet bagi siswa masuk ke sekolah favorit. Kajian ini sebagai upaya untuk menjawab fenomena yang terjadi pada setiap tahun ajaran baru di masyarakat terhadap keterpilihan suatu sekolah. Masyarakat menganggap bahwa sekolah yang dianggap favorit sebagai tumpuan dalam melanjutkan pendidikan. Kajian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang profil sekolah yang dianggap favorit, persepsi masyarakat terhadap sekolah yang dianggap favorit, persepsi orang tua peserta didik yang menyekolahkan anak di sekolah yang dianggap favorit dan non favorit, harapan masyarakat yang menyekolahkan anak di sekolah favorit, serta merumuskan upaya untuk menghilangkan persepsi sekolah yang dianggap favorit.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Sistem Zonasi Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan Pendidikan > Sekolah |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Mrs Lilis Wahyuningsih |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 12:20 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 12:20 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24179 |
Actions (login required)
View Item |