Adonis, F .X. Tito and Pudja, I.G.N. Ariton and Galba, Sindu (1988) Penelitian dan pengkajian naskah adat istiadat di Kepulauan Kei peranan "sasi" dalam kehidupan Masyarakat Maluku. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
PENELITIAN DAN PENGKAJIAN NASKAH ADAT ISTIADAT DI KEPULAUAN KEI_PERANAN SASI DALAM MASYARAKAT MALUKU.pdf - Published Version
Copyright Some Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16MB)

Abstract

Pada masyarakat Maluku terutarna suku Kei dikenal istilah "sasi". Sasi adalah suatu aturan yang disepakati bersama oleh anggota masyarakat untuk ditaati bersama, dan apabila dilanggar maka akan memperoleh sangsi atau hukuman sesuai dengan peraturan peraturan sasi yang telah disepakati tersebut. Di dalam buku Pengkajian Pelestarian Alam pada Masyarakat Maluku ini banyak menguraikan tentang hubungan manusia dengan alam (Pelestarian Alam). Lambang dalam kehidupan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupannya sehari-hari. Dalam upaya pelestarian alam, hak dan kewajiban sangat erat kaitannya dengan status dan peranan seseorang dalam rnasyarakat dan lingkungannya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kampung Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 04 Dec 2021 11:48
Last Modified: 04 Dec 2021 11:48
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24135

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot