Zuhdi, Susanto (1993) Pasai kota pelabuhan jalan sutra : kumpulan makalah diskusi. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Jakarta.

[img] Text
PASAI KOTA PELABUHAN JALAN SUTRA KUMPULAN MAKALAH DISKUSI.pdf
Copyright All Rights Reserved

Download (33MB)

Abstract

Buku Pasai Kota Pelabuhan Jalan Sutra merupakan kumpulan makalah diskusi tentang Pasai Kota Pelabu han Jalan Sutra yang diselenggarakan oleh Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan di Wisma Permata Alam Cisarua- Bogor, 25- 27 September 1992.
Diskusi tersebut membahas Pasai dalam berbagai aspek baik struktur masyarakat. perdagangan . morfologi. tinggalan sejarah ,mata uang, bandar pelabuhan, naskah-naskah, maupun kemungkinan perkembangannya di masa depan.

Hingga sekarang diyakini bahwa Pasai berdiri menjelang akhir abad ke- 1. Hampir bersamaan dengan kemunculan Majapahit di Jawa Timur. Dengan demikian, patut juga direnungkan kemungkinan tidak mungkinnya Majapahit menjadi sebuah negara kesatuan di Nusantara sebagaimana diharapkan Yamin. Masalahnya, mungkinkah (Samudra) Pasai yang Islam, mau mengakui dirinya sebagai bawahan Majapahit?

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:35
Last Modified: 21 Jan 2022 07:35
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24109

Actions (login required)

View Item View Item