Sofyatiningrum, Etty and Listiawati, Nur and Rahmadi, Untung Tri and Irmawati, Ais (2021) Risalah kebijakan nomor 9 Juli 2021 : penggunaan bahasa ibu untuk meningkatkan literasi dasar di kelas awal Sekolah Dasar. Project Report. Pusat Penelitian Kebijakan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta.

[img] Text
Risalah Kebijakan_Puslitjak_No. 9, Juli 2021_Penggunaan bahasa ibu.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB)

Abstract

Bahasa ibu adalah bahasa pertama yang dikuasai manusia sejak lahir melalui interaksi dengan sesama anggota masyarakat bahasanya, seperti keluarga dan masyarakat lingkungannya (KKBI daring). Penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran terbukti meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Siswa lebih percaya diri dan aktif dalam proses pembelajaran karena tidak terkendala bahasa, sehingga hasil belajar juga meningkat. Penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran dirasakan memiliki banyak manfaat. Guru-guru mengatakan bahwa kenggunaan bahasa ibu dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa, rasa nyaman dan aman ketika siswa belajar di kelas, serta siswa lebih bersemangat dan cepat merespons penjelasan materi dari guru. Penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Kepala sekolah dan dinas pendidikan merupakan pihak yang dapat memberikan dukungan bagi guru untuk mengoptimalkan pemanfaatan bahasa ibu dalam pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Mrs Lilis Wahyuningsih
Date Deposited: 10 Jan 2022 08:55
Last Modified: 10 Jan 2022 08:55
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23974

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet garudaslot santuy4d garuda slot