Handayani, Meni and Ulumudin, Ikhya and Perdana, Novrian Satria and Alsha, Asma (2021) Risalah kebijakan nomor 10, Juli 2021: mempersiapkan sekolah menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Documentation. Pusat Penelitian Kebijakan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta.
Text
Risalah Kebijakan_Puslitjak_No. 10, Juli 2021_Kesiapan Sekolah Menghadapi AKM.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (3MB) |
Abstract
Setelah Ujian Nasional (UN) resmi ditiadakan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) mengembangkan Asesmen Nasional (AN) sebagai gantinya. AN terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Dalam berbagai konteks, baik personal maupun profesional (pekerjaan), dengan mengukur kompetensi literasi dan numerasi. Memberikan fokus pada dua kompetensi dasar tersebut sangat penting karena kompetensi siswa Indonesia dalam keterampilan dasar literasi dan numerasi tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam 20 tahun terakhir. Penerapan AKM jangan sampai berdampak pada “penyempitan kurikulum”, di mana hanya mata pelajaran tertentu yang dianggap terkait langsung dengan AKM yang mendapatkan perhatian khusus. Dalam menyongsong pelaksanaan AKM, guru mengaku akan menerapkan beberapa strategi, antara lain menyesuaikan alokasi waktu pembelajaran, metode mengajar, dan cara penilaian
Item Type: | Monograph (Documentation) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Asesmen Nasional Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Mrs Lilis Wahyuningsih |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 09:52 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 09:52 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23970 |
Actions (login required)
View Item |