Julizar, Kaisar and Winingsih, Lucia Hermien and Susanto, Arie Budi (2021) Risalah kebijakan nomor 4, Mei 2021: optimalisasi penerapan protokol kesehatan dalam pembelajaran tatap muka pada masa pandemi Covid-19. Documentation. Pusat Penelitian Kebijakan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta.

[img] Text
Risalah Kebijakan_Puslitjak_No. 4, Mei 2021_Optimalisasi Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pembelajaran.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (4MB)

Abstract

Pembukaan kembali sekolah di satu sisi sangat berisiko mengingat penyebaran COVID-19 masih belum terkendali. Di sisi lain, keterbatasan dalam aktivitas belajar dari rumah juga menimbulkan permasalahan cukup serius terhadap tumbuh kembang anak. Hal ini menjadikan proses belajar dari rumah tidak berjalan optimal. Selama siswa sekolah dari rumah banyak terjadi penurunan kemampuan belajar (learning loss) hingga ancaman putus sekolah (SMERU, 2020; The Economist, 2020; World Bank, Agustus 2020). Melihat hal tersebut pemerintah mengizinkan sekolah di wilayah zona hijau untuk melakukan belajar tatap muka atas persetujuan pemerintah daerah setempat dan komite sekolah atau orang tua. Untuk menjamin penerapan protokol berjalan dengan baik, sekolah membentuk tim satuan tugas (satgas) tingkat sekolah yang beranggotakan guru dan tenaga kependidikan. Syarat sekolah dapat melaksanakan belajar tatap muka adalah kesiapan sarana sanitasi dan kesehatan yang mampu mendukung penerapan protokol kesehatan di sekolah. meminta izin orang tua apakah anaknya dibolehkan untuk mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah atau tidak. Penyelenggaraan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan merupakan sebuah kebiasaan baru, sehingga membutuhkan penyesuaian atau adaptasi terhadapnya.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Belajar di rumah
Pendidikan > Sekolah
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Mrs Lilis Wahyuningsih
Date Deposited: 27 Jan 2022 09:42
Last Modified: 27 Jan 2022 09:42
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23967

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot