Nur'Aini, Fransisca and Ulumuddin, Ikhya and Sulinar Sari, Lisna and Fujianita, Sisca Risalah kebijakan nomor 3, April 2021: meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa Indonesia berdasarkan analisis data PISA 2018. Documentation. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta.
Text
Risalah Kebijakan_Puslitjak_No. 3, April 2021_Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar berdasarkan Analisis Hasil PISA 2018.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (3MB) |
Abstract
Capaian PISA 2018 menunjukkan, Indonesia menduduki posisi 10 terbawah dari 79 negara yang berpartisipasi. Kemampuan rata-rata membaca siswa Indonesia adalah 80 poin di bawah rata-rata OECD. Kemampuan siswa Indonesia juga masih berada di bawah capaian siswa di negara-negara ASEAN. Dalam risalah ini terdapat tiga variabel penting yang berpengaruh terhadap kemampuan literasi dasar siswa berdasarkan analisis data PISA 2018 yaitu rasa senang membaca siswa, strategi metakognisi membaca, dan iklim kedisiplinan kelas. Praktik pengajaran guru dapat mempengaruhi rasa senang membaca siswa yang diketahui dapat mempengaruhi rasa senang membaca siswa.
Item Type: | Monograph (Documentation) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Literasi Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Mrs Lilis Wahyuningsih |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 09:40 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 09:42 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23966 |
Actions (login required)
View Item |