Permana, Dian and Prastika, Lintang Ratri and Kandi, Kandi (2018) Keseimbangan benda tegar dan fluida statik: purwarupa perahu layar. [Teaching Resource]
Text
Keseimbangan benda Tegar dan fluida statik purwarupa perahu layar.pdf - Published Version Copyright Some Rights Reserved Download (560kB) |
||
|
Image
cover keseimbangan benda tegar dan fluida statik purwarupa perahu layar.jpg - Published Version Copyright Some Rights Reserved Download (96kB) | Preview |
Abstract
Unit pembelajaran Purwarupa Perahu Layar ini berisi pedoman untuk guru dalam menyajikan pembelajaran topik tentang Kesetimbangan Benda Tegar dan Fluida Statik. Pembelajaran ini dirancang menggunakan pendekatan STEM: science, technology, engineering, and mathematics. Melalui pembelajaran dengan pendekatan STEM, peserta didik belajar tentang sains, teknologi, teknik dan matematika untuk menjadi menjadi pemecah masalah, inovator, pencipta, dan kolaborator dan terus mengisi jalur kritis insinyur, ilmuwan, dan inovator yang sangat penting bagi masa depan. Tujuan Pendidikan STEM menurut Bybee (2013) diantaranya adalah peserta didik melek STEM, yang mempunyai pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk mengidentifikasi pertanyaan dan masalah dalam kehidupannya, menjelaskan fenomena alam, mendesain serta menarik kesimpulan berdasar bukti mengenai isu terkait STEM. Untuk memecahkan masalah sains dan teknologi diperlukan keterampilan berpikir dan berkreasi.
Pembelajaran sains dengan pendekatan STEM melatih peserta didik dalam berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi dan berkomunikasi. Oleh karena itu pembelajaran dengan pendekatan STEM mendukung tuntutan pendidikan dalam menghadapi abad 21 yang juga merupakan target kompetensi di dalam Kurikulum 2013. Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Kecakapan yang dibutuhkan di Abad 21 juga merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills(HOTS)) yang sangat diperlukan dalam mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan global.
Penyajian pembelajaran dengan pendekatan STEM harus memenuhi beberapa aspek dalam Scientific & Engineering Practice, juga menggambarkan adanya Crosscutting Concept atau irisan konsep di antara pengetahuan sains, teknologi, engineering dan matematika. Selain itu Higher Order Thinking Skills menjadi keharusan di dalam pembelajaran maupun penilaiannya. Pembelajaran dengan pendekatan STEM topik Purwarupa Perahu Layar ini disajikan di kelas XI semester 1
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran > Fisika Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas |
Divisions: | Sekretariat Jenderal > SEAMEO QITEP in Science |
Depositing User: | Ms Ari Sulistiani |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 11:26 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 11:26 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23046 |
Actions (login required)
View Item |