Hernita, Hernita and Suharto, Suharto and Nugraheni, Pipin Dwi and Adi, Farid Prasetyo and Syafaa, Ahmad Rofiuddin (2021) Vocational education policy white paper vol. 3 no. 3 tahun 2021 : urgensi regenerasi petani milenial masa depan Indonesia. Vocational Education Policy: White Paper, 3 (3). pp. 1-6. ISSN 2685-5739
Text
1619173879183_07d647cc-57d6-472d-b58e-e6dd0d6d2ba6.pdf Copyright All Rights Reserved Download (735kB) |
Abstract
Dewasa ini, petani merupakan salah satu profesi dari pendidikan vokasi yang “tidak dirindukan” oleh generasi milenial. Hal ini
disebabkan karena faktor kesejahteraan profesi petani yang masih belum terlihat baik dan ditambah dengan banyaknya tontonan yang menyajikan gaya hidup hedonis dan cenderung materialistik. Padahal negeri ini dianugerahi oleh Yang Maha
Kuasa sebuah Surga Dunia yang tidak dimiliki negara lain. Bahkan Indonesia tidak pernah kekurangan supply petani milenial
yang ditandai dengan tingginya angka siswa/i SMK Pertanian di Indonesia, belum lagi jika ditambah dari data Mahasiswa
Perguruan Tinggi bidang pertanian. Sudah saatnya Pemerintah wajib turun tangan melakukan rekayasa terbentuknya ekuilibirum supply dan demand agar tercipta petani milenial masa depan Indonesia. Karena tanpa turut campur pemerintah sangat mustahil permasalahan regenerasi petani ini dapat diselesaikan. Selain itu, pemerintah perlu melakukan inisiasi program Petani Milenial Ikatan Dinas yang mampu menarik generasi milenial untuk menjadi Petani. Program ini hendaknya juga dikuti dengan afirmasi pemerintah dengan membeli produk-produk hasil pertanian mereka yang diukur sesuai dengan staandar dalam rangka mengisi kebutuhan logistik pangan negara.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Sekolah Kejuruan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi > Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan |
Depositing User: | Dwi Retnawati |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 03:45 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 03:45 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/22840 |
Actions (login required)
View Item |