Mustikohendro, L. Manik and Sudarwati, Sudarwati and Nabila, Banan (2020) Pendekatan IPM dengan APK-APM satuan pendidikan SMP/MTs sederajat Tahun 2018. Pusat Data Informasi dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786028449472
Text
Pendekatan IPM dengan APK-APM Satuan PendidikanSMP.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (4MB) |
Abstract
Pada era globalisasi ini, keunggulan suatu negara tidak hanya diperhitungkan dari sumber daya alam saja, melainkan mengutamakan pada Sumber Daya Manusia, sumber daya yang sangat berpengaruh pada tingkat kualitas penduduk yaitu Tenaga pendidik yang mampu menerjemahkan tantangan-tantangan yang ada dengan cepat, pendidik-pendidik yang berupaya agar lulusan sekolah mampu beradaptasi secara dinamis dengan perubahan dan tantangan itu. Karena Pendidikan merupakan salah satu titik sentral dalam pembangunan peningkatan kualitas SDM dan merupakan faktor penyeimbang pembangunan dari seluruh sektor pembangunan, maka salah satu upaya untuk mencapai sasaran tersebut adalah “bagaimana masyarakat masuk dalam roda perkembangan pendidikan, terutama untuk penduduk usia sekolah agar bisa masuk dalam “Sistem Pendidikan Nasional”. Pemerintah dengan berbagai kebijakan dan program pembangunan pendidikan memberikan ruang yang luas bagi sekolah dan masyarakatnya untuk menentukan program dan rencana pengembangan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Buku “Pendekatan IPM dengan APK-APM Satuan Pendidikan SMP/MTs Sederajat Tahun 2018” merupakan analisis awal untuk menjawab pertanyaan bagaimana, berapa, dan dimana pencapaian partisipasi penduduk usia sekolah 13-15 tahun yang masuk dalam sistem pendidikan, yang dikaitkan dengan capaian pembangunan disetiap daerah dari sisi ekonomi, pendidikan masyarakat dan kesehatan pada tahun sebelumnya. Dengan demikian diharapkan analisis awal ini dapat menjadi acuan bagi unit-unit lain yang terkait dalam analisis, perencanaan, strategi implementasi kebijakan, monitoring dan evaluasi pembinaan pendidikan.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Inovasi Pendidikan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Masyarakat |
Divisions: | Sekretariat Jenderal > Pusat Data dan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Iin Astuti |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 09:22 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 09:22 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/22821 |
Actions (login required)
View Item |