Ulumuddin, Ihya and Biantoro, Sugih and Raziqin, Khairur and R.U, Novirina (2020) Strategi pengembangan kota kreatif di Indonesia: perspektif pemajuan kebudayaan. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta.
Text
Puslitjak_2020_25_Strategi_Pengembangan_Kota_Kreatif_di_Indonesia.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (2MB) |
Abstract
Kota Kreatif di seluruh dunia yang dikenal dengan UCCN (UNESCO Creative Cities Network) kini gencar di dorong oleh UNESCO. Ini merupakan bagian dari program SDGs (Sustainable Development Goals), khususnya mengenai kota yang berkelanjutan. Tujuannya, ialah menjadikan kebudayaan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan, khususnya di wilayah perkotaan. Bekraf pada tahun 2017 melalui laman portal resminya merilis 10 kota kreatif di Indonesia antara lain; Padang, Surabaya, Malang, Banyuwangi, Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Pekalongan, Jakarta, dan Bali. Penyusunan daftar kota kreatif ini disandarkan pada beberapa elemen, seperti sejarah, budaya, kreatifitas warga, dukungan pemerintah daerah/kota, infrastruktur, potensi kota, serta pengakuan internasional. Pada tahun 2014, UNESCO menetapkan Pekalongan sebagai kota kreatif bidang kriya dan seni tradisional. Kemudian pada tahun berikutnya, Bandung menyusul menjadi kota kreatif dunia bidang disain (http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/iknews/10-kota-kreatif-diindonesia-1/; http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/iknews/ 10-kota-kreatif-diindonesia-2/)
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan Pendidikan > Kebudayaan |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Ilma Avitrianti |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 10:08 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 10:08 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/22533 |
Actions (login required)
View Item |