Zamjani, Irsyad and Handayani, Meni and Azizah, Siti Nur and Lismayanti, Siska and Purnama, Joko (2021) Bantuan kuota internet dan implikasinya bagi pengalaman belajar mengajar. Documentation. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta.
Text
Risalah_Kebijakan_Puslitjak_No__1_Feb_2021_Bantuan_Kuota_Internet_dan_Implikasinya.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (1MB) |
Abstract
Survei Kemendikbud pada Mei 2020 mendapatkan bahwa 39% siswa dan 69% guru melaporkan bahwa jaringan dan kuota internet merupakan hambatan utama pembelajaran jarak jauh (Zamjani dkk., 2020). Untuk mengatasi hal tersebut pada bulan Oktober 2020, pemerintah merilis subsidi kuota bagi seluruh pendidik dan peserta didik di Indonesia. Kebijakan subsidi kuota internet semacam ini juga diterapkan di sejumlah negara seperti Malaysia dan Turki (Sajida dan Ranjani, 2020). Bantuan kuota ini diharapkan dapat membuat guru dan siswa lebih aktif dalam melakukan pembelajaran selama pandemi. Para guru dan siswa diharapkan memiliki pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dengan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar daring secara lebih optimal.
Item Type: | Monograph (Documentation) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Belajar di rumah |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Ilma Avitrianti |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 10:51 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 10:51 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/22477 |
Actions (login required)
View Item |