Kemendikbud, Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (2021) Pedoman pelaksanaan bantuan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) tahun 2021. Manual. Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Jakarta.

[img] Text
Pedoman-Pelaksanaan-GIM-2021.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (10MB)

Abstract

Rendahnya tingkat literasi ini tentunya akan mempengaruhi kualitas hidup masyarakat, sehingga diperlukan upaya-upaya strategis untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca masyarakat secara berkesinambangan dengan melibatkan berbagai unsur pemerintah secara lintas sektoral, lembaga swasta dan masyarakat.

Atas dasar itu Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat sejak tahun 2016 telah melakukan koordinasi pencanangan Gerakan Indonesia Membaca (GIM). Penyelenggaraan GIM diharapkan dapat meningkatkan komitmen pemerintah daerah serta kesadaran masyarakat untuk meningkatkan literasi masyarakat secara berkesinambungan. Sebagai tindaklanjut dari GIM, pemerintah daerah dan masyarakat diharapkan mampu menginisiasi dan mengembangkan berbagai program dan gerakan literasi yang bermuara pada lahirnya aksarawan baru yang cerdas, kreatif, dan produktif serta budaya literasi yang mengakar pada berbagai kelompok masyarakat. Langkah-langkah dan program untuk mencapai tujuan di atas, bisa dituangkan dalam Rencana Induk Pengembangan Literasi Masyarakat sebagai dokumen output GIM. Lebih lanjut, dokumen yang sama bisa jadi pintu awal menyusun peraturanperaturan (Perbup/Perwalkot/Perda) yang berpihak terhadap gerakan literasi.

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Literasi
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Juklak dan Juknis
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Panduan/Pedoman
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Masyarakat
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 08 May 2021 23:23
Last Modified: 08 May 2021 23:23
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/22281

Actions (login required)

View Item View Item