Rosfenti, Veni (2020) Modul pembelajaran SMA sejarah Indonesia Kelas X: konsep berpikir sinkronik dan diakronik dalam sejarah. [Teaching Resource]
Text
X_Sejarah-Indonesia_KD-3.1_Final.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
Abstract
Modul ini terdiri dari 1 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi. Pertama: Konsep Berfikir Kronologis, Diakronik, Sinkronik, Ruang dan Waktu dalam sejarah. Memanfaatkan sejarah sebagai sarana berpikir, membayangkan masa lalu dengan dengan ilustrasi peristiwa, sumber lisan dan dokumen visual. Berpikir sejarah dapat dilakukan secara diakronik dan sinkronik.Berpikir sejarah atau historical thinkingdilakukan dalam proses rekonstruksi peristiwa sejarah secara obyektif. Pengungkapan peristiwa sejarah tidak akan lepas dari ruang dan waktu. Dengan kemampuan menganalisa diharapkan dapat mendorong individu dalam berpikir sejarah secara diakronik dan sinkronik.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Direktorat Sekolah Menengah Atas |
Depositing User: | perpus dikbud |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 01:39 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 01:39 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21630 |
Actions (login required)
View Item |