Rosfenti, Veni (2020) Modul pembelajaran SMA sejarah Indonesia Kelas X: konsep berpikir sinkronik dan diakronik dalam sejarah. [Teaching Resource]

[img] Text
X_Sejarah-Indonesia_KD-3.1_Final.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Modul ini terdiri dari 1 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi. Pertama: Konsep Berfikir Kronologis, Diakronik, Sinkronik, Ruang dan Waktu dalam sejarah. Memanfaatkan sejarah sebagai sarana berpikir, membayangkan masa lalu dengan dengan ilustrasi peristiwa, sumber lisan dan dokumen visual. Berpikir sejarah dapat dilakukan secara diakronik dan sinkronik.Berpikir sejarah atau historical thinkingdilakukan dalam proses rekonstruksi peristiwa sejarah secara obyektif. Pengungkapan peristiwa sejarah tidak akan lepas dari ruang dan waktu. Dengan kemampuan menganalisa diharapkan dapat mendorong individu dalam berpikir sejarah secara diakronik dan sinkronik.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Direktorat Sekolah Menengah Atas
Depositing User: perpus dikbud
Date Deposited: 12 Apr 2021 01:39
Last Modified: 12 Apr 2021 01:39
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21630

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet garudaslot santuy4d garuda slot