Hermanto, Hermanto and Siswanto, Ibnu and Sujarwo, Sujarwo and Purwanto, Nurtanio Agus and Khairudin, Moh. and Ismara, K. Ima (2020) Disain pendidikan layanan khusus pada Sekolah Menengah Kejuruan. Documentation. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Disain pendidikan layanan khususSMK.pdf - Published Version
Copyright Some Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan layanan khusus adalah fasilitasi pelayanan akses Pendidikan bagi semua sebagaimana amanat dan tujuan kemerdekaan. Oleh karena itu, Pendidikan layanan khusus harus disiapkan dan didesain sesuai dengan kondisi dan karakter kebutuhan calon peserta didik, analisis dukungan yang tersedia. Pendidikan layanan khusus (selanjutnya disebut dengan PLK) harus dapat mengakomodasi kekhasan potensi berdasarkan geografis, social budaya, dan ekonomi. Tujuan kajian ini adalah untuk mendapatkan Norma, Standar, Prosedur, serta Kriteria PLK pada SMK dengan melakukan identifikasi potensi daerah sasaran pengembangan program layanan PLK pada SMK, identifikasi potensi layanan sumber belajar digital sebagai bagian dari Layanan PLK pada SMK, mengembangkan konsep akademik desain layanan PLK pada SMK, mengembangkan model-model pelaksanaan layanan PLK pada SMK, menjelaskan sistem pengelolaan layanan PLK pada SMK, dan menjelaskan prosedur penyelenggaraan layanan PLK pada SMK. Kajian kebijakan ini menggunakan beberapa metode dalam pengumpulan dan analisis data. Data pendahuluan didapatkan menggunakan kajian literatur, sedangkan data-data kuantitatif didapatkan dengan mengambil data-data sekunder dari sumber data pokok SMK, Badan Pusat Statistik, dan sumber relevan lainnya. Data sekunder selanjutnya divalidasi dengan melakukan kunjungan observasi dan wawancar secara langsung ke sasaran program Layanan PLK pada SMK. Hasil kajian Pendidikan Layanan Khusus pada SMK difokuskan pada pengembangan PLK di 62 daerah tertinggal. Hasil kajian menunjukkan bahwa Angka Partispasi Murni (APM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) di daerah tertinggal rendah karena faktor akses dan ekonomi.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Vokasi
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi > Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 25 Feb 2021 12:10
Last Modified: 25 Feb 2021 12:10
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21063

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot