Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Pembinaan SMA (2020) E-modul pelajaran bahasa Inggris Kelas X. Greeting. [Teaching Resource]
Text
Kelas X_Bahasa Inggris_KD 3.1 (2).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (4MB) |
Abstract
Materi pelajaran Bahasa Inggris disajikan dalam dua bentuk. Yang pertama disajikan berupa buku teks pelajaran disebut Buku Siswa, dan yang kedua
dalam bentuk modul atau disebut English in e-module. Yang Kalian
pegang ini adalah Modul. Modul ini ditulis untuk melengkapi materi
Bahasa Inggris pada buku siswa yaitu Bahasa Inggris Kelas X. Modul
ini menyajikan ruang lingkup materi teks Transaksional yang berkaitan dengan Pemaparan Jati diri. Ungkapan Pemaparan Jati diri berguna untuk membangun komunikasi dengan orang lain dalam hal ini bermanfaat pada saat kita berhadapan dengan situasi baru dan orang orang baru. Ruang lingkup modul ini hanya terbatas pada pembahasaan tentang Greeting, memperkenalkan diri sendiri dan orang lain, penggunaan kata ganti (Pronouns), to be, serta penggunaan kata tanya. Dalam mempelajari materi Bahasa Inggris, Kalian dianjurkan untuk membaca buku siswa dan Modul. Pada buku siswa kalian akan mempelajari Bahasa Inggris dengan tahapan: Warmer, Vocabulary Builder, Pronunciation Practice, Reading, Text Structure, Vocabulary, Exercises, Grammar Review, Speaking, Writing, Reflection, dan Further Activities. Sedangkan pada Modul Kalian akan mempelajari Bahasa Inggris secara mandiri melalui kegiatan membaca dan
mempelajari materi. Kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal, sebagai alat evaluasi disertai refleksi. Tiap bagian dalam Modul ini memiliki tujuan tersendiri. Pada bagian awal, Kalian akan melihat gambar –gambar dan pertanyaan pengantar sebelum masuk ke materi pokok. Pada bagian materi pokok Kalian akan mempelajari fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan pemaparan jati diri.
Setelah itu akan ditemukan kegiatan belajar berupa latihan-latihan
soal. Sebagai penutup, Kalian harus mengerjakan soal sebagai alat
evaluasi dan juga refleksi apakah kalian telah menguasai materi pada
Modul ini untuk kemudian melanjutkan pada Modul selanjutnya.
Tujuan Pembelajaran: Melalui proses pembelajaran yang menggunakan model Discovery
Learning dan metode diskusi kelompok, peserta didik diharapkan
mampu menerapkan dan menyusun teks interaksi interpersonal lisan
dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memaparkan jati diri
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dengansopan , rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri, dan aktifserta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah |
Depositing User: | Iin Astuti |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 08:50 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 08:50 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19818 |
Actions (login required)
View Item |