Nurhadi, Nurhadi (2020) Modul pembelajaran SMA bahasa dan sastra Indonesia Kelas XI. Menganalisis makalah bahasa dan sastra Indonesia. [Teaching Resource]
Text
Kelas XI_Bahasa dan Sastra Indonesia_KD 3.2.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (888kB) |
Abstract
Hai generasi emas Indonesia, apa kabar hari ini? Tentunya kalian tetap bersemangat belajar dalam kondisi apapun. Kali ini kalian akan belajar menganalisis sebuah makalah. Kalian tentu tahu, makalah itu apa sih? Baiklah, sudah siap belajar ya? Makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Pengertian lain dari makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.Analisis adalah Penyelidikan terhadap suatu peristiwa( karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya. Untuk membuat analisis yang bagus, Anda harus memikirkan pertanyaan bagaimana dan mengapa dokumen tersebut berfungsi atau berpengaruh. Prosesnya dapat dimulai dengan mengumpulkan informasi tentang subjek analisis dan menentukan pertanyaan yang akan dijawab analisis. Setelah menguraikan argumen utama, cari bukti spesifik untuk mendukungnya. Kemudian, Anda bisa merangkai analisis menjadi tulisan yang koheren. Tujuan pembelajaran: Berikut disampaikan tujuan kalian mempelajari ini, yaitu mampu menganalisis isi makalah bertema ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora yang dipresentasikan. Selain itu, kalian juga mampu mengontruksi dan menyajikan makalah bertema ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora hasil pengamatan (penelitian) secara lisan dan tertulis. Tentunya kalian harus bisa menyelesaikan dengan penuh semangat, mandiri, kerja keras,
Petunjuk Penggunaan modul: Modul ini terbagi menjadi lima unit topik yaitu:Pertama: menentukan isi makalah . Kedua: membedakan isi makalah. Ketiga: membandingkan isi makala. Keempat:mengontruksi makala. Kelima: Mempresentasikan makalah.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah |
Depositing User: | Iin Astuti |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 11:32 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 11:35 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19802 |
Actions (login required)
View Item |