Nurhadi, Nurhadi (2020) Modul pembelajaran SMA bahasa dan sastra Indonesia Kelas X. Teks naratif objektif riwayat tokoh. [Teaching Resource]
Text
Kelas X_Bahasa dan Sastra Indonesia_KD 3.2.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
Abstract
Dalam pengklasifikasian jenis-jenis teks, naskah berisi riwayat tokoh masuk pada genre narasi dengan tipe teks cerita ulang (recount), yakni teks yang berfungsi menyampaikan informasi tentang kejadian masa lalu yang dialami oleh tokoh tertentu. Biografi termasuk dalam kategori cerita ulang faktual (factual recount) karena pada teks naratif ini menceritakan ketokohan sejak kelahirannya, pekerjaan, karya yang telah ditulis, hingga ia meninggal. Peristiwa-peristiwa itu diceritakan oleh orang ketiga berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh dari berbagai referensi maupun wawancara dengan tokoh tersebut. Dengan membaca teks narasi tokoh tertentu dapat memberikan inspirasi, semangat, ataupun keteladanan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sendiri. Kali ini kalian akan belajar memahami teks naratif objektif riwayat tokoh. Kalian tentu tahu, karena kalian sudah sering mengenal dengan istilah biografi? Baiklah, sudah siap belajar ya? naskah berisi riwayat tokoh masuk pada genre narasi dengan tipe teks cerita ulang (recount), yakni teks yang berfungsi menyampaikan informasi tentang kejadian masa lalu yang dialami oleh tokoh tertentu. Biografi termasuk dalam kategori cerita ulang faktual (factual recount) karena pada teks ini menceritakan ketokohan sejak kelahirannya, pekerjaan, karya yang telah ditulis, hingga ia meninggal. Tentunya kalian akan mendapatkan banyak keteladanan sebagai bekal untuk menjalani hidup ke depan sebagai generasi emas Indonesia.
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik memahami informasi teks naratif objektif tentang riwayat tokoh (sastra dan bahasa) dengan memperhatikan hal-hal yang menarik dan perlu diteladani. Selain itu, peserta didik dapat menyusun teks naratif objektif tentang riwayat tokoh (sastra dan bahasa) dengan memperhatikan hal-hal yang menarik dan patut diteladani.
Modul ini terbagi menjadi lima unit topik yaitu: 1. Menentukan struktur teks naratif objektif riwayat tokoh Membedakan Isi makalah, 2. Menentukan kebahasaan teks naratif objektif riwayat tokoh, 3. Mengelompokkan pokok-pokok informasi dari berbagai aspek, 4. Mengemukakan keteladanan tokoh dalam teks naratif objektif riwayat tokoh, 5. merekontruksi struktur teks naratif objektif riwayat tokoh .
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah |
Depositing User: | Iin Astuti |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 05:43 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 05:43 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19785 |
Actions (login required)
View Item |