Permatasari, Indri Anatya (2020) Modul pembelajaran SMA bahasa Indonesia Kelas X. mengidentifikasi teks eksposisi. [Teaching Resource]
Text
Kelas X_Bahasa Indonesia_KD 3.3 (2).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (7MB) |
Abstract
Teks eksposisi merupakan teks yang mengungkapkan ide, perasaan, dan pendapat seseorang. Teks ini bersifat argumentatif karena bertujuan meyakinkan khalayak tentang suatu permasalahan. Melalui teks eksposisiini kalian akan belajar untuk lebih memahami keadaan sekeliling kalian.Teks eksposisi tidak hanya sebagai media untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan, tetapi mempertajam berpikir kritis dengan menggunakan bahasa. Eksposisi biasa digunakan seseorang untuk menyajikan gagasan. Gagasan tersebut dikaji oleh penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu. Untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, sering pula disertai dengan fakta-fakta. Hal tersebut dapat berupa gambar-gambar grafis, seperti tabel, diagram, dan sejenisnya. Di dalam teks eksposisi mungkin pula dijumpai sejumlah rekomendasi, saran, atau ajakan.
Setelah mempelajari e-modul ini, kalian diharapkan dapat mengidentifikasi teks eksposisi dengan memahami karakteristik dan menganalisis isi teks eksposisi serta terampil mengembangkan tekseksposisi dengan melengkapi isinya. Modul ini terbagi menjadi 2 pertemuan, di dalam modul ini terdap aturaian materi, contoh soal, lembar kerja, soal latihan dan soal evaluasi.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Direktorat Sekolah Menengah Atas |
Depositing User: | Iin Astuti |
Date Deposited: | 14 Oct 2020 12:14 |
Last Modified: | 14 Oct 2020 12:14 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19447 |
Actions (login required)
View Item |