Riyadi, Aris (2020) Merancang media pembelajaran IPS inovasi. In: Seminar Pendidikan Dalam Jaringan.

[img] Text
MAKALAH WEBINAR MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN IPS INOVATIF.pdf
Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software).

Download (463kB)
[img] Slideshow
REVISI PPT WEBINAR MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN IPS INOVATIF.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)

Abstract

Di era yang serba digital ini, pendidikan di Indonesia semakin mendapat tantangan yang begitu masif dalam mencapai tujuan pendidikan. Berbagai kebijakan telah di lakukan oleh pemerintah guna memperbaiki pendidikan di Indonesia. Salah satu yang terbaru adalah kebijakan “Merdeka Belajar” oleh Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saya melihat ada dua asumsi yang terjadi. Pertama bagi pendidik yang punya daya kreatifitas dan inovasi tinggi akan semakin terpacu dan memberi ruang luas untuk berkreasi dan berinovasi. Namun bagi pendidik yang biasa-biasa saja, bahkan pendidik yang bergaya intruksional, akan cenderung berdiam diri dan mengambil sikap wait and see. Dari asumsi tersebut saya mempunyai pemikiran bahwa inovasi pendidik harus dibangkitkan terlebih dahulu. Apapun kebijakannya, jika dari pendidik punya daya inovasi tinggi maka akan dengan mudah dalam mengembangkan pendidikan. Pendidik dalam hal ini adalah semua profesi yang sesuai dengan kualifikasinya yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan, termasuk dalam hal ini adalah guru.
Dalam kaitannya dengan pendidik, Inovasi pendidikan dapat di kembangkan dalam proses pembelajaran itu sendiri. Proses pembelajaran adalah Suatu kegiatan yg melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar (Riyana, 2009). Komponen pembelajaran meliputi peserta dididk, pengajar, materi bahan, metode, model, media pembelajaran, evaluasi, pra sarana, pembiayaan, kurikulum. Diantara banyak pilhan pengembangan komponen pembelajaran yang ada, maka media pembelajaran mempunyai daya pemantik kreatifitas yang tinggi. Mengapa?, karena dalam media pembelajaran mengandung unsur untuk mempermudah/membantu proses pembelajaran, hasilnya penerapan media dapat dilihat langsung, ada produk tampak mata dan sebagai daya pembeda sebuah kreatifitas antar pendidik itu sendiri

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > PPPPTK Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs/Mr Petugas Perpustakaan
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:20
Last Modified: 02 Sep 2020 07:20
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19235

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet nadim togel santuy4d garuda slot