Andika, Saputra and Lenrawati, Lenrawati and Purnamasari, Nurul Adliyah Bawah air Kabupaten Selayar. [Image]

[img]
Preview
Image
POSTER-202011-1200x650.png
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (900kB) | Preview

Abstract

Aktivitas pelayaran di perairan Pulau Selayar juga cukup ramai. Pulau Selayar sebagai penghubung dari bagian barat Indonesia ke Indonesia bagian timur, begitu juga sebaliknya. Sayangnya, dalam kegiatan pelayaran pada masa lampau tidak semua kapal bisa sampai ke tujuan dengan selamat, banyak diantaranya yang harus kandas, karam dan tenggelam di tengah perairan. Secara arkeologis hal tersebut terbuktikan dengan adanya penemuan situs-situs arkeologi bawah air di Perairan Selayar, baik itu berupa kapal karam serta muatannya; seperti keramik dan koin mata uang. Salah satu tempat yang memiliki tinggalan situs arkeologi bawah air tersebut adalah Perairan Bontosikuyu yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Bontosikuyu.

Tinggalan arkeologi lainnya yang mendominasi di Situs Bontosikuyu adalah koin kepeng, sebuah uang atau koin yang tengahnya berlubang. Koin jenis ini masih sering digunakan oleh masyarakat Bali, sebagai bagian dari upacara adat. Koin kepeng yang ditemukan di situs ini dalam keadaan berserakan dan menggumpal sehingga membatu manjadi karang. Koin kepeng yang ditemukan memiliki aksara Tiongkok dan berada dalam konteks yang sama dengan temuan keramik, dan jumlahnya pun cukup banyak. Asal dan perkiraan tahun pembuatan koin kepeng ini dapat diketahui melalui tulisan aksara Tiongkok yang tertera. Aksara Tiongkok yang tertera menunjukan asal dinasti pembuatnya. Dari penelusuran data, dapat diketahui bahwa koin tersebut berasal dari masa dinasti yang berbeda-beda. Salah satunya berasal dari masa Dinasti Han, ada pula dari masa Dinasti Tang, hingga Dinasti Song. Hal ini menunjukkan bahwa koin kepeng tidak lekang oleh waktu, terbukti koin di masa Dinasti Han yang lebih tua, masih dapat digunakan di era yang lebih muda yaitu masa Dinasti Song.

Item Type: Image
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan > Pusat Penelitian Arkeologi Nasional > BALAR Sulawesi Selatan
Depositing User: Lenrawati Lenrawati
Date Deposited: 30 Sep 2020 14:15
Last Modified: 30 Sep 2020 14:30
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19173

Actions (login required)

View Item View Item