Samto, Samto (2020) Pedoman pelaksanaan Bantuan Pemerintah Penyelenggarakan Gerakan Indonesia Membaca Tahun 2020. Manual. Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Jakarta.
Text
Pedpel Bantuan Gerakan Indonesia Membaca 2020.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (778kB) |
Abstract
GIM merupakan upaya pemerintah dalam mengkoordinasikan masyarakat dan pegiat literasi di tingkat Kabupaten/Kota untuk membangun budaya baca masyarakat melalui pengembangan 6 literasi dasar menyongsong abad 21. Bantuan pemerintah penyelenggaraan GIM adalah dana bantuan pemerintah yang bersumber dari APBN tahun 2020 yang diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk membantu biaya penyelenggaraan kegiatan GIM terutama dalam penyusunan Rencana Induk Pengembangan Literasi Masyarakat dan publikasi pelaksanaan dan hasil kegiatan GIM. Penyalura dana bantuan GIM bersifat penunjukan (top down)
Gerakan Indonesia Membaca bertujuan menumbuhkan dan meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat untuk mendukung gerakan literasi masyarakat yang meliputi 6 literasi dasar yaitu literasi baca tulis, literasi numberik, sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan; mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan jumlah melek huruf; Tersosialisasinya Gerakan Literasi Masyarakat; memfasilitasi penyusunan Rencana Induk pengembangan literasi masyarakat tahun 2020-2024
Item Type: | Monograph (Manual) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Juklak dan Juknis Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Keaksaraan Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus |
Depositing User: | Ms Ari Sulistiani |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 07:16 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 07:16 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19159 |
Actions (login required)
View Item |