Cahyono, Wahyu and Widyasari, Dian Caesaria and Nurpatria, Indra and Suwaryani, Nanik and Mangunwibawa, Aria Ahmad and Poerwanto, Poerwanto and Sugiyanto, Sugiyanto (2019) Pedoman pelaksanaan dukungan psikologis awal di satuan pendidikan. Manual. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia DIni, Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
![]() |
Text
Pedoman pelaksanaan DPA (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (797kB) |
Abstract
Berdasarkan Permendikbud nomor 11 Tahun 2015 salah satu fungsi
dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga adalah meningkatkan
kualitas pendidikan karakter anak dan remaja. Pendidikan untuk
anak dan remaja mempunyai tantangan tersendiri karena mereka
tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat baik secara fisik,
kognitif, maupun sosial emosional. Pada masa ini, karena satu dan
lain sebab, banyak dari mereka yang mempunyai berbagai masalah
psikososial yang berakibat pada perilaku yang negatif seperti kurang
disiplin, motivasi belajar rendah, membolos, melanggar aturan, dan
mengonsumsi narkoba, kecanduan pornografi, dll. Dukungan Psikologis
Awal (DPA) merupakan keterampilan sederhana yang diharapkan
dimiliki oleh setiap anak untuk membantu temannya yang tengah
menghadapi masalah atau situasi sulit.
Item Type: | Monograph (Manual) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Juklak dan Juknis Pendidikan > Orang Tua > Pendidikan Keluarga Pendidikan > Sekolah |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga |
Depositing User: | Dwi Retnawati |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 02:13 |
Last Modified: | 15 Jun 2020 02:13 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |